Sukses

Saleh PAN: Momen Raja Salman Sebaiknya Bahas TKI di Arab Saudi

Masalah TKI di Arab Saudi diminta menjadi prioritas pembahasan antara Pemerintah RI dan Raja Salman.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah memanfaatkan kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud ke Indonesia. Raja Salman berada di Indonesia dari 1 hingga 9 Maret 2017.

Saleh menyebutkan, di antaranya terkait perlindungan pekerja migran Indonesia atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Arab Saudi. Sebab, Arab merupakan negara paling banyak menerima pekerja Indonesia.

"Mungkin banyak agenda dan topik penting yang akan dibicarakan. Tetapi, topik tentang pekerja Indonesia mesti dijadikan sebagai prioritas," ucap dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (1/3/2017).

Saleh menjelaskan, sebagai negara yang banyak menerima pekerja Indonesia, Arab Saudi banyak menghadapi masalah ketenagakerjaan Indonesia. Seperti persoalan dokumen keimigrasian dan working permit. Termasuk, pekerja imigran yang kini bermasalah dengan hukum.

"Saat ini, di Saudi ada 25 WNI (Warga Negara Indonesia) yang bermasalah hukum dengan ancaman hukuman mati. Sebanyak 12 orang di antaranya didakwa karena pembunuhan, lima orang karena dituduh memakai sihir, dan delapan lainnya karena zina," kata dia.

"Di luar itu, masih banyak masalah hukum lain yang dihadapi oleh WNI, walaupun tidak sampai didakwa hukuman mati," dia menambahkan.

Saleh mengatakan, Pemerintah RI harus bersungguh-sungguh melindungi WNI yang sedang menghadapi masalah. Termasuk, melalui jalur diplomasi dengan Raja Arab Saudi yang menemukan momentumnya saat ini.

"Soal pencabutan moratorium pengiriman TKI ke Saudi, saya kira lebih mudah. Kalau itu, kuncinya ada di Pemerintah Indonesia. Pemerintah yang membuat kebijakan moratorium, ya pemerintah bisa mencabutnya kembali," ujar politikus PAN itu.

"Kalau belum ada kepastian terkait perlindungan TKI kita di sana, tentu mencabut moratorium tidak tepat. Kita tahu, Saudi banyak membutuhkan pekerja kita. Namun demikian, perlindungan dan keamanan mereka harus diprioritaskan," Saleh menandaskan.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud akan berkunjung ke Indonesia untuk kunjungan kenegaraan sekaligus liburan di Bali pada 1-9 Maret 2017.

Rencananya, Raja Salman bersama rombongan yang berjumlah 1.500 orang, akan berada di Jakarta pada 1 hingga 3 Maret 2017. Sedangkan 4 hingga 9 Maret akan berlibur di Bali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.