Sukses

Katulampa Siaga II, Cek Wilayah Jakarta yang Bakal Tergenang

Banjir diprediksi akan menggenangi permukiman di bantaran Sungai Ciliwung, Jakarta, Kamis dini hari nanti atau pukul 01.20 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras di bagian hulu Sungai Ciliwung telah menyebabkan kenaikan tinggi muka air debit sungai tersebut pada Rabu sore tadi sekitar pukul 16.20 WIB. Tinggi muka air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, menyentuh 150 centimeter, sehingga masuk pada level Siaga II atau kritis kondisinya.

"Hujan deras di sekitar Depok dan bagian tengah Sungai Ciliwung masih berlangsung, sehingga akan menambah debit Sungai Ciliwung. Diperkirakan 9 jam setelahnya atau pada Kamis (16/2/2017) pukul 01.20 WIB banjir akan tiba di pintu air Manggarai," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Rabu (15/2/2017).

Menurut Sutopo, banjir diprediksi akan menggenangi permukiman di bantaran Sungai Ciliwung di kawasan Srengseng Sawah, Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Pejaten Timur, Kebon Baru, Bukit Duri, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

"Pusdalops BPBD DKI Jakarta telah menyampaikan peringatan dini tersebut kepada semua pihak. Masyarakat diimbau untuk waspada dan mengambil langkah-langkah antisipasi menghadapi banjir kiriman. Peralatan, surat-surat berharga dan perabotan rumah tangga hendaknya ditempatkan di tempat yang lebih aman agar tidak rusak terendam banjir," Sutopo menambahkan.

Ia menjelaskan, Katulampa Siaga II ini adalah kejadian yang pertama selama musim penghujan 2016/2017, sehingga berpotensi banjir.

Adapaun kronologi kenaikan tinggi muka air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa yang dipantau Pusdalops BPBD DKI Jakarta sebagai berikut:

- Pukul 13.00 WIB, TMA 70 cm (Siaga IV/Aman).
- Pukul 14.00 WIB, TMA 80 cm (Siaga III/Aman).
- Pukul  15.00 WIB, TMA 80 cm (Siaga III/Waspada).
- Pukul 16.00 WIB, TMA 140 cm (Siaga III/Waspada).
- Pukul 16.20 WIB, TMA 150 cm (Siaga II/Kritis).
- Pukul 17.00 WIB, TMA 170 cm (Siaga II/Kritis).

Beberapa jam lagi (sekitar pukul 01.20 WIB) air akan sampai di pintu air Manggarai. Berikut antisipasi wilayah aliran Sungai Ciliwung:

- Srengseng Sawah
- Rawajati
- Kalibata
- Pengadegan
- Pejaten Timur
- Kebon Baru
- Bukit Duri
- Balekambang
- Cililitan
- Cawang
- Bidara Cina
- Kampung Melayu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.