Sukses

Perempuan Bitung Ini Dicari-cari Jokowi, Siapa Dia?

Jokowi beberapa kali mencari Mona, perempuan Bitung yang ingin bertemu dengannya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri perayaan Natal nasional di Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, Selasa, 27 Desember 2016.

Ada momen menarik saat Jokowi membacakan sambutannya dalam acara tersebut. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu beberapa kali sempat menyebut dan mencari seorang perempuan bernama Mona.

"Sebelum saya lupa, tadi saya membaca di koran ada ibu-ibu dari Bitung. Enggak tahu ibu-ibu atau masih muda? Namanya Mona," ucap Jokowi di awal sambutannya.

Undangan yang hadir pun lantas tertawa mendengar Jokowi menyebut nama Mona. Namun, Jokowi tetap melanjutkan ucapannya dengan mengatakan Mona ingin bertemu dengan dirinya.

"Ada tidak? Saya baca di koran tadi. Dia ditanya kenapa mau datang ke Tondano. Torang mo bakudapa dengan Pak Jokowi. Terjemahannya katanya saya ingin bertemu dengan Pak Jokowi. Orangnya mana? Suruh ke sini. Mana? Jangan-jangan di luar. Coba dicari itu yang namanya Bu Mona," perintah Jokowi.

Wali Kota Bitung, Maxilian Lomban, yang ikut hadir di perayaan Natal itu langsung sibuk. Dia bahkan menyuruh ajudannya untuk mencari Mona. Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, yang berada di luar gedung Wale Ne Tou juga sibuk mencari Mona.

"Kalau ada suruh cari ke sini. Coba cari di luar ada enggak? Cari sampai ketemu? Jauh-jauh enggak ketemu dengan saya," ujar Jokowi lagi.

Jokowi melanjutkan kembali pidato Natalnya yang mengingatkan tentang kebinekaan serta perang terhadap korupsi. Namun, lagi-lagi dia menyebut lagi nama Mona.

"Ibu Mona sudah ketemu belum? Sudah ketemu? Berarti ndak jadi ke Tondano," kata Jokowi.

Hingga akhir sambutannya, Jokowi belum juga bertemu dengan sosok Mona. Lalu, siapa sosok Mona yang dicari-cari orang nomor satu di Republik ini?

Wanita itu rupanya bernama lengkap Mona Valentine Kumendong (22). Berdasarkan informasi yang didapat, sehari-harinya Mona memang tinggal di Belitung. Dia saat ini bekerja sebagai tenaga honorer di Pemerintah Kota Bitung.

Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado (Unima) Tondano ini salah satu dari sekian warga yang diwawancarai terkait kedatangan Jokowi ke Sulawesi Utara.

Hasil wawancara yang dimuat di salah satu koran lokal itu yang kemudian disebut-sebut Jokowi saat pidatonya dalam perayaan Natal.

Sayangnya, Mona tak bisa hadir di acara Natal nasional karena harus bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Natal adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani pada tanggal 25 Desember
    Natal adalah hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun oleh umat Kristiani pada tanggal 25 Desember

    Natal 2016