Sukses

Jembatan Cisomang Bergeser, Lalu Lintas Dialihkan ke Purwakarta

Pengalihan dilakukan di kedua arah, baik di jalur Jakarta menuju Bandung maupun sebaliknya.

Liputan6.com, Purwakarta - Akibat terjadinya pergeseran dan retakan di jembatan Cisomang Kilometer 100.700, Tol Cipularang, Purwakarta, arus lalu lintas dialihkan ke jalur arteri melalui Purwakarta.

Kendaraan yang dialihkan adalah golongan kendaraan besar seperti truk dan bus. Pengalihan dilakukan di kedua arah, baik di jalur Jakarta menuju Bandung maupun sebaliknya.

Untuk pengalihan arus, Kepolisian dari Polres Purwakarta dan Polres Cimahi mengarahkan kendaraan untuk keluar di pintu Tol Cikamuning dan kembali masuk Tol di pintu Tol Jatiluhur untuk yang mengarah ke Jakarta.

Sedangkan kendaraan menuju Bandung diarahkan keluar di pintu Tol Sadang dan kembali masuk Tol di Padalarang. Sementara untuk kendaraan kecil masih bisa melintas di jalur Tol.

Wakapolda Jabar, Brigjen Bambang Waskito mengatakan pengalihan arus dilakukan untuk mengantisipasi kondisi pergeseran jembatan yang semakin parah akibat terlalu beratnya beban.

"Kenapa saya mengambil langkah itu supaya beban jembatan ini tidak terlalu berat, sehingga kondisi arus pun akan lancar di jalan tol ini," singkat Bambang di lokasi, Jumat (23/12/2016).

Saat ini pengerjaan perbaikan jembatan maupun lereng di sekitarnya terus dilakukan petugas dari Jasamarga dan Kementerian Pekerjaan umum.

Sementara dari pantauan di lokasi, seiring menjelang libur panjang akhir pekan dan Natal, arus lalu lintas di kedua arah mengalami antrean panjang. Kondisi tersebut juga diperparah adanya penyempitan lajur di sekitar lokasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini