Sukses

5 Dermaga di Kepulauan Seribu Siap Beroperasi Bulan Ini

Masing-masing dermaga tersebut berada di Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Kelapa Dua, Pulau Harapan, dan Pulau Pramuka.

Liputan6.com, Jakarta - Kepulauan Seribu mulai menggeliat. Hal ini terlihat dari mulai maraknya pembangunan dan meningkatnya kunjungan wisatawan ke kabupaten yang merupakan bagian dari wilayah DKI Jakarta itu.

Dari segi pembangunan, mulai bulan ini lima dermaga yang sudah selesai direnovasi dan dibangun akan dioperasikan.

Masing-masing dermaga tersebut berada di Pulau Untung Jawa, Pulau Lancang, Pulau Kelapa Dua, Pulau Harapan, dan Pulau Pramuka.

"Yang dibangun baru itu dermaga di Pulau Pramuka. Sisanya kita perbaiki total," kata Suherman, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi (Sudinhubtrans) Kepulauan Seribu, Senin 19 Desember 2016.

Ia menjelaskan, pembangunan lima dermaga itu dimulai sejak Oktober 2016 dan ditargetkan mulai beroperasi 23 Desember ini.

"Saat ini dermaga yang tinggal tahap finishing berada di Pulau Harapan, Pulau Untung Jawa, dan Kelapa Dua," ujar Suherman seperti dikutip dari Beritajakarta.

Adapun dari sektor pariwisata, terdapat peningkatan pendapatan dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 1,61 juta menjadi Rp 14,52 juta.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kepulauan Seribu Erhman E Dani mengatakan, program perbaikan infrastruktur dermaga di wilayah ini yang diikuti dengan penataan para pedagang membuat pariwisata dan daya ekonomi meningkat.

"Indikasi pertumbuhan ekonomi terlihat dari semakin banyaknya home stay dan warga yang berprofesi sebagai guide," papar Erhman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.