Sukses

Ahok: Saya Tak Merokok dan Minum Minuman Beralkohol, Camkan Itu

Ahok mengaku tidak suka bir dan minum-minuman beralkohol. Karena itu, dia menyebut fitnah itu sangat aneh.

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna jejaring sosial masih diramaikan dengan perbincangan soal foto Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok saat jamuan makan bersama Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan politikus Maruarar Sirait.

Sebelumnya, seorang netizen memposting foto Ahok yang tengah berbincang santai dengan Kapolri Tito dan Maruar, di mana di atas meja mereka terdapat botol minuman berwarna hijau yang dikira minuman beralkohol, padahal merupakan botol air mineral.

Menanggapi hal tersebut, Ahok mengatakan tuduhan dia minum bir adalah fitnah. Ahok membeberkan, botol bermerk Equil itu berisi air mineral, bukan bir.

"Itu betul-betul fitnahnya itu apa yah. Kamu tahu enggak sih botol air minum Equil warna hijau toh," kata Ahok di Rumah Lembang, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016).

Ahok menegaskan, dia tidak minum minuman beralkohol, bahkan juga tidak merokok. Karena itu, fitnah itu dinilai sangat aneh.

"Saya pikir yah, apakah gendeng Pak Tito enggak minum-minuman keras tapi nyediain minuman keras. Saya juga enggak minum alkohol loh dan saya enggak merokok. Jadi kalian jangan salah sama saya loh. Itu sekalian camkan baik-baik. Saya bir juga enggak suka. Lebih baik coca-cola, kasarnya begitulah," ucap Ahok.

"Sekarang kalau kita bicara jujur yah, kalau saya mau minum apa bodoh saya upload?" tambah Ahok.

Ahok tak mengingat pasti kapan dan di acara apa dia di foto tersebut. "Itu seingat saya waktu Merdeka Cup kalau nggak salah, yang tanding bola waktu tunggu tim dari Bandung, kalau enggak salah tunggu Ridwan Kamil atau apa. Kan beliau Kapolda Metro, waktu itu kita mau bareng meninjau ke lapangan, ternyata air minum disiapkan ya kita minum," beber Ahok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.