Sukses

Sayur Besan Terbanyak Pecahkan Rekor Muri

Sayur besan merupakan masakan rumahan yang sejak dulu menjadi idola masyarakat Betawi.

Liputan6.com, Tangerang - Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) memecahkan Museum Rekor Indonesia (Muri) 'Pembuatan Sayur Besan' terbanyak di Indonesia. Sebanyak 1.126 mangkok masakan khas Betawi ini disajikan untuk kemudian dimakan bersama ribuan masyarakat Tangsel.

Sayur besan ini sudah dimasak oleh ibu-ibu dari 7 kecamatan di Kota Tangerang Selatan, pada paginya.

"Masing-masing kecamatan berkewajiban membuat 150 mangkok sayur, kemudian oleh mereka dibawa dan dikumpulkan di sini," ujar Plt Sekda Kota Tangsel Muhamad, saat ditemui di lokasi acara Lapangan Sunburst BSD, Jumat (25/11/2016).

Setelah dituangkan dan disusun di atas meja, tersajilah sebanyak 1.126 mangkok sayur besan siap makan. Untuk memastikan jumlahnya benar, oleh perwakilan Muri pun dihitung ulang.

Barulah oleh Muri diberikan rekor sebagai 'Sayur Besan Terbanyak di Indonesia'. "Bahkan selain pertama di Indonesia, ini kan juga pertama di dunia untuk penyajian sayur sebanyak ini," ungkap Osman Semesta Susilo, Perwakilan Muri dunia.

Penghargaan diberikan kepada Plt Sekda yang mewakili pemerintah Kota Tangsel, serta pihak lainnya.

Barulah kemudian, masyarakat yang hadir dan juga ibu-ibu yang membuatnya, langsung menyerbu menyicipi sayur berkuah santan itu.

Menurut Muhamad, sengaja mengangkat sayur besan untuk memperkenalkannya ke masyarakat luas.

"Ini kan masakan khas Betawi yang juga jadi masakan khas Tangsel. Jadi, dengan begini masyarakat lebih tahu lagi bila ada menu ini yang enggak kalah enak dari menu restoran," tutur dia.

Pemecahan rekor Muri sayur besan terbanyak (Liputan6.com/ Pramita Tristiawati)

Makanan Khas Hajatan

Muhamad menjelaskan, sayur besan merupakan masakan rumahan yang sejak dulu menjadi idola masyarakat Betawi. Saat menggelar hajatan, sayur ini selalu jadi menu wajib yang ada di meja prasmanan.

"Kuahnya itu bersantan dan ada rasa pedasnya. Isinya ada banyak potongan sayur, kalau mau lengkap lagi ada yang menambahkan bihun di dalamnya sebagai pelengkap," kata dia.

Sukaesih (42) salah seorang peserta yang ikut memasak Sayur Besan mengaku, ciri khas menu ini berada pada telur tebu atau tebu terubuk.

"Cara mendapatkannya ada di pasar tradisional Ciputat atau Serpong juga banyak," kata dia.

Untuk sepanci sayur besan, membutuhkan 2-5 ikat tebu terubuk. Kemudian kupas, bersihkan dan potong sesuai selera. Siapkan juga sayuran seperti irisan kentang dan kacang panjang.

Lalu siapkan juga soun atau bihun, sesuai selera. "Untuk bumbunya siapkan santan, bawang merah, cabai giling, terasi dan daun salam. Lalu untuk penyedapnya siapkan garam, gula pasir dan minyak goreng," kata Sukaesih.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.