Sukses

Bertemu PM Belanda, Jokowi Teringat Saat Jadi Gubernur DKI

PM Belanda Mark Rutte membawa 200 pengusaha Belanda yang siap berinvestasi di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Istana Merdeka, Jakarta. Keduanya tampak akrab, meski Indonesia-Belanda tengah diterpa masalah terkait hilangnya kapal perang Belanda di Laut Jawa.

Dalam pertemuan bilateral ini, Jokowi dan Rutte membahas berbagai isu penguatan kerja sama. Rutte membawa 200 pengusaha Belanda yang siap berinvestasi di Indonesia.

Ada satu hal yang tak bisa dilupakan Jokowi. Rupanya pertemuan ini bukan yang pertama bagi keduanya. Jokowi dengan Rutte pernah bertemu saat orang nomor satu di Indonesia itu, masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

"Pertemuan ini merupakan pertemuan saya dengan PM Rutte di Indonesia, dan pertemuan pertama terjadi tiga tahun yang lalu, pada saat saya masih menjadi Gubernur Jakarta," ungkap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/11/2016).

Di antara pembicaraan yang tak bisa dilupakan Jokowi dari pertemuan saat itu adalah pertanyaan Rutte, apakah Jokowi akan mengikuti Pilpres?

"Saat itu, Perdana Menteri menanyakan pada saya, apakah saya akan ikut dalam pemilihan presiden? Saya jawab tidak tahu," ungkap Jokowi.

Namun, kondisi sekarang berbeda. Jokowi akhirnya ikut Pilpres sampai akhirnya terpilih menjadi Presiden RI 2014-2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.