Sukses

VIDEO: Kurangi Banjir, Pemkot Bandung Keruk Kali Pagarsih

Sejumlah tokoh masyarakat berinisiatif sosialisasi berperilaku hidup bersih dengan mengajak tidak membuang sampah ke kali.

Liputan6.com, Bandung - Pemkot Bandung mengeruk Kali Babakan Irigasi untuk mengurangi banjir di kawasan Jalan Pagarsih. Pengerukan tersebut untuk pembuatan tol air.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (12/11/2016), ratusan warga, petugas, dan anggota TNI dari berbagai kesatuan turun ke Kali Babakan untuk mengeruk dasar kali yang mulai mendangkal.

Dengan bahu-membahu, dasar kali yang telah didominasi oleh pasir, bebatuan, dan sampah dicangkul oleh warga. Sejumlah tokoh masyarakat pun berinisiatif melakukan sosialisasi berperilaku hidup bersih pada warga dengan mengajak untuk tidak membuang sampah ke kali.

Sementara itu, Pemprov Jawa Barat menginisiasi tindak penanganan banjir secara bersama di kawasan Bandung Raya. Lima kabupaten kota yang masuk ke dalam kawasan ini adalah Kota dan Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Sumedang.

Forum koordinasi penanganan banjir ini dibutuhkan karena penyebab dan dampak banjir terkait satu sama lain di lima wilayah.

Sungai Citepus merupakan salah satu anak Sungai Citarum yang mendangkal karena sampah. Akibatnya saat debit air tinggi, kali langsung meluap ke jalanan.

Maka tak heran jika Jalan Pagarsih Bandung kembali banjir untuk kedua kalinya hingga menelan korban dua mobil hanyut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.