Sukses

Kemenhub Kerahkan 50 Bus PPD Pulangkan Demonstran 4 November

Puluhan bus untuk memulangkan peserta demo 4 November itu telah disiapkan di depan gedung DPR RI pada pagi tadi.

Liputan6.com, Jakarta - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengerahkan 50 bus PPD untuk membantu memulangkan demonstran aksi 4 November 2016. Puluhan bus itu disiapkan di depan Gedung DPR pagi tadi.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto mengatakan, pengerahan bus itu merupakan perintah dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

"Pengerahan bus ini atas instruksi langsung Bapak Menteri Perhubungan, agar negara tetap melayani publik walaupun itu pengunjuk rasa," kata Pudji dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (5/11/2016) seperti dilansir Antara.

Dia merinci, sebanyak 15 bus PPD akan memulangkan para pengunjuk rasa kembali ke wilayah Jabodetabek. Lima kendaraan untuk ke luar Jabodetabek, seperti Cirebon dan Lampung. Sisanya, disiagakan di kantor Kementerian Perhubungan.

"Layanan ini diberikan secara gratis tanpa dipungut bayaran," sebut Pudji.

Tak lupa, dia berpesan kepada para pengemudi bus untuk berdoa, disiplin lalu lintas, istirahat bila mengantuk, antar demonstran sampai tujuan, dan berhenti di tempat aman atau terminal kota tujuan.

"Selain itu, saya tegaskan dilarang memungut biaya, dan lapor kepada petugas bila ada permasalahan. Atas nama Bapak Menteri Perhubungan, diucapkan selamat bertugas," kata Pudji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.