Sukses

Kapolri Resmikan Mapolda Sulawesi Barat

Markas ini untuk mengukuhkan terbentuknya Polda Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meresmikan Markas Kepolisian Daerah Polda Sulawesi Barat. Markas ini untuk mengukuhkan terbentuknya Polda Sulawesi Barat.

Polda Sulbar terbentuk berdasarkan surat bernomor B/174/M.PANRB/5/2016 tentang Penguatan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Polri tertanggal 17 Mei 2016 yang ditandatangani Menteri PAN dan RB ketika itu, Yuddy Chrisnandi.

Upacara peresmian mapolda itu dilaksanakan pada Senin (22/8/2016) pagi di Lapangan Ahmad Kirang, Mamuju, Sulawesi Barat. Upacara itu dipimpin langsung oleh Tito.

Upacara dihadiri oleh Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Polisi Lukman Wahyu, para pejabat utama, serta pasukan pembawa bendera Pataka Polda Sulbar, dan unsur lainnya.

Ada pula para anggota musyawarah pimpinan daerah (muspida) tingkat I Provinsi Sulbar, Bupati se-Sulbar, para pejabat SPKD se-Provinsi Sulbar dan Kabupaten Mamuju, termasuk pramuka tingkat SMA se-Kabupaten Mamuju dan unsur tokoh masyarakat lainnya juga hadir dalam upacara itu.

Usai upacara, Kapolri mengecek seluruh pasukan dan lokasi tempat pembangunan Mapolda Sulawesi Barat.

Sebelumnya, pembentukan Polda Sulawesi Barat sudah disetujui berdasarkan surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bernomor B/174/M.PANRB/5/2016. Pada surat itu, selain pembentukan Polda Sulawesi Barat juga memuat terbentuknya Polda Kalimantan Utara.

Kedua Polda itu masuk dalam kategori Polda tipe B yang dipimpin seorang kapolda berpangkat Brigadir Jenderal Polisi. Adapun Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Polisi Lukman Wahyu telah dilantik oleh Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti pada Selasa 31 Mei 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini