Sukses

Jokowi: Ada 2 Hal yang Diwariskan ke Anak Cucu Kita

Jokowi meminta semua harus bergerak menyelamatkan tumbuhan dan satwa liar.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk merawat dan melestarikan alam. Sebab, hal itulah yang akan diwariskan ke anak cucu selain ilmu pengetahuan.

"Ada 2 hal yang diwariskan ke anak cucu kita: ilmu pengetahuan dan kelestarian alam. Banyak belajar dan cintai alam -Jkw," tulis Jokowi dalam akun twitternya @jokowi seperti dikutip Liputan6.com, Jumat (115/4/2016).

 

 Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk merawat dan melestarikan alam.

 
Untuk itu, lanjut Jokowi dalam akun Facebooknya, semua harus bergerak menyelamatkan tumbuhan dan satwa liar. Komitmen ini, kata dia, dimulai dari Pulau Seribu dengan melindungi Penyu Sisik dan Elang Bondol.

"Kita bangun Pusat Suaka Penyu di Pulau Pramuka dan Pusat Suaka Elang Bondol di Pulau Kotok Besar," kata Jokowi.

Saat ini, kata dia, ada 93 jenis burung bagian dari 236 jenis satwa yang dilindungi di Indonesia. Gerakan Nasional Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar ini ujar dia, tandai dengan pelepasliaran 200 ekor tukik penyu sisik, 4 ekor penyu sisik dewasa, 4 ekor elang bondol, dan 200 ekor burung tekukur, cerucuk, dan kutilang.

Selain itu Jokowi juga menanam atau transplantasi karang dan lamun sebanyak 1000 spesimen dan restorasi hutan bakau dengan menanam 5000 bibit mangrove.

"Menjaga kelestarian alam bukan sebatas tanam menanam pohon ataupun melepasliarkan satwa, tapi kita harus jaga juga ekosistemnya," tutup Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.