Sukses

Diguyur Hujan Semalaman, 3 Kelurahan di Jaksel Banjir 50 Cm

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras yang mengguyur Ibukota Jakarta secara merata sejak Kamis malam hingga Jumat pagi membuat 3 Kelurahan di Jakarta Selatan terendam air. Banjir setinggi 10 sampai 50 centimeter itu terjadi dikarenakan luapan Kali Krukut yang melewati wilayah Kebayoran dan Mampang Prapatan.

Berdasarkan data yang diterima dari Pusdalops BPBD DKI Jakarta, 3 lokasi itu meliputi ‎Kelurahan Petogogan RT 03 RW 02, Kelurahan Cipete Utara RT 04 RW 06, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, serta Kelurahan Bangka RT 03 RW 02, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

"3 Kelurahan tersebut terendam banjir akibat luapan Kali Krukut. Selain itu akibat air hujan yang merata di Jakarta dari pukul 21.00 WIB kemarin," kata Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Kota (KPBK) Jakarta Selatan Danang Susanto saat dihubungi di Jakarta, Jumat (26/2/2016). 

Sementara itu, warga Petogogan mengaku air memasuki rumahnya saat dini hari tadi. Meski terendam, banjir di wilayah petogogan tidak terlalu parah. Karena biasanya wilayah Petogogan terendam banjir hingga 1 meter.

‎"Air masuk sudah dari jam 03.00 WIB. Ini karena Kali Krukut dan kiriman dari Bogor," kata Adi (34) warga RT 03 RW 02, Petogogan di lokasi.

Menurut Adi, banjir tahun lalu lebih parah merendam kelurahannya karena ketinggiannya bisa mencapai lebih dari 1 meter. Sebab itu, dia berharap musibah banjir bisa cepat surut dan kelurahannya tak lagi menjadi langganan banjir.

"Kalau sekarang cuman sekitar 50 centimeter dan mudah surut," tutup Adi.