Sukses

JI Expo Kemayoran Memerah Jelang Pembukaan Rakenas I PDIP

Rakernas I PDIP akan dibuka Megawati dan Jokowi di JI Expo Kemayoran.

Liputan6.com, Jakarta - Jakarta Internasional (JI) Expo Kemayoran, dibuat merah oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Partai berlambang banteng bermoncong putih itu mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I, bertemakan "Mewujudkan Trisakti Melalui Pembangunan Nasional Semesta Berencana Untuk Indonesia Raya".

Pantauan Liputan6.com, Minggu (10/1/2016), ribuan kader memadati JI Expo Kemayoran, dengan seragam berwarna merah dan bawahan hitam. Rencananya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akan memberikan pidato politik pada pukul 11.00 WIB. Usai Megawati, Presiden Jokowi juga dijadwalkan memberi sambutan.

Usai keduanya berpidato, secara resmi Rakernas PDIP akan dibuka Megawati dan Jokowi. Dalam kesempatan itu pula, nantinya Megawati akan melakukan pemotongan tumpeng sebagai simbol perayaan HUT PDIP ke-43, yang akan didampingi Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla.

Wasekjen PDIP dan Sekretaris Sterring Comitte Rakernas I Ahmad Basarah mengatakan, ada beberapa agenda yang akan dibicarakan oleh partai berlambang banteng bermoncong putih itu.

"Di Komisi I ini akan dibagi menjadi 2. Subkomisi pertama akan merekomendasi pembangunan nasional semesta berencana. Kedua adalah subkomisi sikap politik. Ini akan diisi oleh Ketua DPD dan Ketua DPC PDIP," ujar Basarah.

Untuk komisi II, lanjut Basarah, akan membahas implementasi pembangunan nasional semesta berencana, yang pada praktiknya diisi para kepala daerah baik yang sudah menjabat dan baru menjabat.

"Komisi III membahas evaluasi kemarin dan proyeksi pilkada ke depan. Sedangkan komisi terakhir, yaitu ke IV akan membahas sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Bedanya Komisi II libatkan tiga pilar partai, kalau yang ke IV ini khusus kepada kepala daerah," pungkas Basarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.