Sukses

Wisata Gua di Gunungkidul Favorit Liburan Akhir Tahun

Tercatat 10 ribu lebih wisatawan setiap harinya mengunjungi sejumlah objek wisata di kawasan Gunungkidul.

Liputan6.com, Yogyakarta - Gunungkidul menjadi primadona baru wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), khususnya wisata gua purba dan pantainya. Tercatat, 10 ribu pengunjung per hari selama libur Natal kemarin.  

Pengelola Gua Pindul, Haris Purnawan mengaku, sempat ada 10 ribu pengunjung dalam sehari saat libur Natal kemarin. Jumlah itu mulai berkurang saat ini walaupun masih terhitung banyak.

"Sekarang sudah menurun kurang lebih 5 ribu pengunjung. Biasanya, sehari 2 ribuan pengunjung. Pas tanggal 25 dan 26 Desember kemarin sampai 10 ribu wisatawan," ujar Haris pada Liputan6.com, Sabtu (2/1/2016).

Haris mengaku, wisata gua, khususnya di Gunungkidul, sudah menjadi pilihan utama wisatawan saat berkunjung ke DIY. Pihaknya berusaha melayani semaksimal mungkin demi kenyamanan pengunjung Gua Pindul.

"Rp 35 ribu untuk tiket per orang di Gua Pindul, kalau yang river tubing Rp 45 ribu. Itu sudah sama pemandu perlengkapan sama transportasi wisata," ujar Haris.

Sementara itu, Marketing Wisata Gua Kalisuci Sukendro mengaku, liburan Natal dan akhir tahun ini lebih banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah. Setiap harinya, kata dia, Gua Kalisuci hanya boleh dikunjungi maksimal 200 orang.

Jika melebihi jumlah itu, pengunjung dapat kembali lagi pada hari berikutnya.

"Saat puncak libur Natal kemarin, tercatat lebih 200 pengunjung datang ke Kalisuci. Karena ada batasan kuota, jadi banyak pulang lagi," ujar Sukendro.

Sukendro menyebut jumlah pengunjung pada hari ini diperkirakan mencapai 190 orang. Setiap pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp 70 ribu

"Biaya itu sudah fasilitas safety komplit, ban jasa pemandu asuransi dan dapat snack," tandas Sukendro.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini