Sukses


Ketua MPR Prihatin Banyak Kepala Daerah Tak Peduli Pancasila

Kondisi ini terjadi akibat kurang masifnya sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengaku prihatin dengan kondisi lunturnya nilai-nilai Pancasila saat ini.

Hal itu terlihat saat dirinya berkunjung ke beberapa daerah dan menemukan beberapa bupati, wali kota bahkan gubernur yang menganggap Pancasila sebagai urusan orang tua.

Menurut Zulkifli, hal ini terjadi akibat tidak masifnya sosialisasi Pancasila seperti pada masa Orde Baru. Imbasnya, sosialisasi Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, seolah-olah hanya urusan MPR.

"Tentu tidak mudah bila sosialisasi 4 pilar MPR hanya dibebankan pada MPR. Ini adalah tugas kita semua," ujar Zulkifli saat Seminar Nasional Badan Pengkajian MPR di Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (17/11/2015).

Karena itu, dia berterima kasih pada Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) yang pada hari ini ikut mensosialisasikan 4 pilar kepada anggotanya dan mahasiswa.

"Semoga selain ICMI yang sudah banyak membantu MPR, ada lembaga lain yang ikut terpanggil untuk mensosialisasikan 4 pilar," pungkas Zulkifli. (Dms/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini