Sukses

Agus Sulistyono DPR: 238 Dusun di DIY Belum Teraliri Listrik

Agus mendorong agar 1 hingga 2 tahun ke depan seluruh wilayah DIY sudah dapat menikmati listrik.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sebanyak 238 dusun di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum teraliri listrik. Hal tersebut dinilai mengenaskan, karena DIY merupakan wilayah yang memiliki fasilitas umum yang baik.

"Sempat kaget Pemda DIY menyampaikan ada 238 dusun yang belum teraliri listrik dari 5.122 dusun di DIY. Kalau di persentase sekitar 4,6%. Menurut saya ironi. Saya sampaikan ke forum agar pemda, provinsi itu terselesaikan. Saya berharap 2 tahun ke depan seluruh desa sudah teraliri listrik," ujar anggota Komisi VII DPR Agus Sulistyono saat rapat dengan Pemda DIY di gedung Pracimosono Kepatihan, Yogyakarta, Senin 9 November 2015.

Agus mengatakan, di Kementerian ESDM ada programlistrik desa (lisdes) untuk jaringan listrik tegangan rendah dan menengah bagi masyarakat, khususnya keluarga tidak mampu. Masalah tingginya biaya pemasangan di daerah karena jauhnya jarak bisa diselesaikan dengan anggaran yang mencapai Rp 1,2 triliun.

"Tugas saya selaku wakil, anggarannya ada di dirjen kelistrikan ada. Saya duga daerah itu tidak tahu ada alokasi anggaran di dirjen kelistrikan. Karena ini anggaran APBN yang diperuntukkan bagi orang tidak mampu. Besar alokasi anggaran tahun lalu 1,2 T," ujar Agus.

Agus mendorong agar 1 hingga 2 tahun ke depan seluruh wilayah DIY sudah dapat menikmati listrik. Selain ada anggaran dari pemerintah pusat, jumlah pasokan listrik di DIY juga surplus sehingga dapat digunakan maksimal bagi warga di DIY.

"Kemampuan listrik DIY 714 KWH hanya digunakan 400-an. Jaringan tegangan rendah dan menengah itu ada. Masak 238 dusun belum teraliri," tandas Agus. (Mvi/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.

    Yogyakarta

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • Warta DPR

Video Terkini