Sukses

Diduga Gabung ISIS, 2 Warga Pekanbaru Ditangkap di Singapura

Liputan6.com, Pekanbaru - 2 Warga Pekanbaru, Riau berinisial RS (26) dan FR (30) diamankan polisi Singapura, karena diduga akan bergabung  kelompok jaringan Islamic of Iraq and Syriah (ISIS). Keduanya sudah dipulangkan melalui Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

"Setelah tiba di Pekanbaru, keduanya diamankan di Mapolresta Pekanbaru untuk diperiksa secara intensif," ungkap Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo, Senin (9/11/2015).

Sejauh ini, keterlibatan keduanya dengan jaringan ISIS masih didalami. Penyidik masih mencari tahu bagaimana proses perekrutan hingga keberangkatan ke negara tujuan di wilayah Arab.

"Ini masih dugaan (gabung dengan ISIS). Saat diamankan polisi Singapura mereka membawa dokumen yang diduga ada keterkaitannya dengan jaringan ISIS. Juga diamankan paspor palsu," kata Guntur.‎

Setelah diamankan polisi Singapura, kedua orang itu lalu diserahkan ke Polda Kepri untuk selanjutnya dibawa ke Provinsi Riau.

"Mereka tiba di Bandara Internasional SSK II dengan pesawat Citilink tadi siang, dibawa dari Batam," pungkas Guntur. (Ado/Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.