Sukses


Wapres JK Hadiri Final Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR

Lomba ini digelar sebagai bagian dari peringatan Hari Konstitusi yang jatuh pada hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK menghadiri final lomba cerdas cermat (LCC) Empat Pilar MPR. Ada tiga sekolah yang berkompetisi dalam babak final ini, yaitu SMAN 1 Mojokerto dari Jawa Timur, SMAN 1 Ciomas dari Banten, dan SMAN 1 Wonosobo dari Jawa Tengah.

"Bagi anak-anakku yang ikut cerdas cermat, tujuan lomba ini bukan menampakkan kemampuan tapi menyebarluaskan kesepakatan bangsa. Falsafah adalah kesepakatan. Kesepakatan harus diketahui MPR-DPR dan generasi muda di mana pun dia berada," kata JK di Gedung Nusantara IV, Jakarta, Selasa (18/8/2015).

‎Lomba ini digelar sebagai bagian dari peringatan Hari Konstitusi yang jatuh pada hari ini. Ada 9 sekolah dari berbagai daerah seluruh Indonesia yang turut berpartisipasi. Total sekolah itu dibagi dalam 3 kelompok dan diambil 1 pemenang dari tiap kelompok.

Ketua MPR Zulkifli Hasan menambahkan, peringatan Hari Konstitusi ini merupakan momentum untuk melakukan refleksi dalam memahami dan melaksanakan konstitusi.

‎"Konstitusi punya arti penting dalam kehidupan berbangsa dam bernegara. Kalau tanpa konstitusi negara tak pernah hadir. Karena konstitusi merupakan norma dasar berbangsa dan bernegara," tutur Zulkifli.

Para murid-murid yang tak lolos babak penyisihan pun hadir dalam lomba final ini. Mereka antusias mendengarkan.

Selain JK dan Zulkifli, hadir pula petinggi negara lainnya, antara lain Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) merupakan lembaga pelaksana kedaulatan rakyat.

    MPR

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • JK

Video Terkini