Sukses

6 Anggota Kabinet Baru Bersumpah Tidak Terima Pemberian Apa pun

Dalam sumpahnya, Jokowi melarang anggota kabinetnya memberikan atau menerima sesuatu dari siapa pun, termasuk janji.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melantik 5 menteri baru dan seorang Sekretaris Kabinet. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Rabu (12/8/2015), tepat pukul 13.39 WIB.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan sumpah oleh Presiden Jokowi yang diikuti oleh 6 anggota baru kabinet Jokowi-JK.

Dalam sumpahnya Jokowi melarang anggota kabinetnya memberikan atau menerima sesuatu dari siapa pun, termasuk janji.

Janji yang dibacakan Jokowi dan diikuti 6 anggota kabinet baru: 

"Demi Allah saya bersumpah (untuk menteri beragama Islam)
Demi Tuhan saya berjanji (untuk menteri agama lain)

Bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini langsung ataupun tidak langsung, dengan nama atau dalil apa pun, tidak memberikan atau menjanjikan ataupun akan memberikan sesuatu kepada siapa pun juga.

Bahwa saya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatan ini tidak sekali-kali menerima dari siapa pun juga, langsung ataupun tidak langsung sebuah janji atau pemberian."

Bahwa saya akan setia kepada UUD Negara RI tahun 1945 dan akan menjalankan segala UU dan peraturan yang berlaku bagi Negara Republik Indonesia.

Bahwa saya akan setia kepada nusa dan bangsa dan akan memenuhi segala kewajiban yang ditangguhkan kepada saya oleh jabatan ini.

Bahwa saya akan menjalankan tugas dan kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada bangsa dan negara."

Pelantikan kemudian diakhiri dengan lagu Padamu Negeri. Dengan pelantikan ini, terjawab sudah teka-teki reshuffle kabinet Jokowi-JK. (Sun/Yus) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini