Sukses

Wapres JK: Umat Beragama Hidup Harmonis di Indonesia

JK memaparkan, di Indonesia ada 6 agama yang semuanya ada hari nasional yang diakui oleh negara.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan di Indonesia kehidupan antarumat beragama harmonis yang terindikasi dari banyaknya hari-hari besar keagamaan yang mencakup seluruh agama yang diakui di Republik Indonesia.

"Alhamdulillah, kita (umat beragama) hidup dengan harmonis di Indonesia," ucap Wapres yang akrab disapa JK saat memberikan ceramah tarawih di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Minggu (21/6/2015) malam.

Wapres memaparkan, di Indonesia ada 6 agama yang semuanya ada hari nasional yang diakui oleh negara. Kendati, ada jumlah penganut agama yang berada di bawah 1% dari keseluruhan penduduk.

Sementara di benua lain seperti Eropa, ujar dia, yang memiliki jumlah populasi Islam yang kecil, tapi signifikan tidak ada negara yang mengakui perayaan Idul Fitri di sana.

Di Indonesia, Wapres JK mengemukakan bahwa di Jawa Tengah, Candi Borobudur tetap tegak sebagai bentuk penghormatan atas agama Buddha di Nusantara.

Sedangkan di negara-negara Timur Tengah khususnya di kawasan Arab yang agama dan bahasanya cenderung satu, tapi banyak terjadi konflik. (Ant/Ans/Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini