Sukses

Beragam Seni dan Budaya Menyatu di "Gempita Jakarta" Jakarnaval

Jakarnaval “Gempita Jakarta” menggambarkan beragam dan warna - warninya kehidupan komunitas yang ada di Jakarta yang inspiratif, terdepan da

Liputan6.com, Jakarta Menyambut HUT DKI Jakarta ke-488, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta telah menyelenggarakan Jakarnaval 2015 di Silang Monas, Jakarta, Minggu (7/6).

Mengusung tema “Gempita Jakarta”, Jakarnaval 2015 menggambarkan keberagaman dan warna - warninya kehidupan komunitas yang ada di Jakarta yang inspiratif, terdepan dan inovatif. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Purba Hutape untuk menegaskan bahwa Jakarta bukan hanya milik satu kelompok.

“Jakarta bukan hanya milik etnis betawi, namun juga milik semua suku di Indonesia yang hidup di kota Jakarta,” ujar Purba Hutapea, dalam laporan pelaksanaan Jakarnaval 2015 kepada Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Monas.

Beragam komunitas seni, budaya, dan hobi ikut meramaikan acara Jakarnaval 2015 di Minggu yang berbahagia karena hari libur. Mulai dari pawai 20 kendaraan mobil hias dari para SKPD, BUMN, BUMD dan pihak swasta. Mobil-mobil ini dihias sedemikian rupa untuk mewakili identitas mereka.

Sebanyak 35 komunitas hobi dan seni budaya yang ada di Jakarta juga turut menjadi peserta Jakarnaval. Mulai dari marching band Remaja Mesjid Istiqlal, kesenian khas Jawa Timur, Reog Ponorogo, Tari Kupu-kupu khas Bangka Belitung Timur, atraksi Barongsai, dan tentu saja budaya khas betawi ondel-ondel.

Untuk komunitas sendiri, turut hadir para motor Indonesia, komunitas mobil-mobil antik, komunitas yang menampilkan kostum para pejuang Indonesia, hingga kelompok agama.

Selain memberikan tempat kepada komunitas seni dan budaya untuk berekspresi dan mengeluarkan kreativitasnya, Jakarnaval 2015 juga menjadi forum sosialisasi keberhasilan pembangunan yang ada di Jakarta.

Tak heran, Anda dapat melihat pawai mobil hias dengan model Rusunawa, Kartu Jakarta Pintar, BOS, wisata kota Tua dan Monas, Dinas Pemuda dan Olahraga yang mempromosikan Jakarta untuk PON XIX 2016 dan Asian Games 2018.

Pawai kendaraan hias dan penampilan para peserta Jakarnaval diresmikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Wakilnya, Djarot Saiful Hidayat yang ditandai dengan menabuh senar drum.

Jakarnaval “Gempita Jakarta” menggambarkan beragam dan warna - warninya kehidupan komunitas yang ada di Jakarta yang inspiratif, terdepan da

Soal antusias masyarakat Jakarta terhadap event Jakarnaval 2015 ini tak perlu diragukan lagi, ramai dan padat. Setiap orang dengan raut wajah senang dan penasaran berusaha berada di depan untuk menyaksikan pawai mobil hias dan penampilan para peserta karnaval yang unik, meriah, dan inovatif. (Galeri Foto : Kemeriahan Jakarta Karnaval Sambut HUT Jakarta ke-488)

Setiap orang sudah siap dengan kamera masing-masing untuk mengabadikan momen dan tak ragu untuk berpose di tengah keramaian. Teriakan dan siulan ada dimana-mana, kala artis kesayangan tampil mulai dari komedian betawi Haji Bolot, Daus Separo, dan bintang-bintang D-Academy ikut dalam pawai kendaraan hias.

"Seru, senang melihat karnaval Jakarta. Semuanya unik dan menghibur," ujar Nanik warga Jakarta Barat yang hadir bersama keluarga.

Tak hanya Nanik yang asli warga Jakarta, warga negara asing yang menjadi salah satu peserta karnaval juga senang dan antusias bisa merayakan ulang tahun Jakarta.

"Kami senang bisa ikut pawai, arak-arakan mobil untuk meramaikan Jakarta Karnaval. Bagus sekali, kita suka Indonesia dan kita suka Jakarta," ujar Rajesh Candra asal New Delhi, India yang tinggal di Jakarta.

Turis asing dari Perancis yang ditemui Liputan6.com juga mengaku senang dan menikmati Jakarnaval 2015. "Suasananya sangat manis, saya pikir ini sangat menyenangkan dan bagus sekali," ujar Oliver yang menyaksikan Jakarnaval bersama pasangannya. (Baca :

Yang berbeda dari Jakarnaval tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah street art performance dimana ada 488 orang yang siap menari dalam rangka menyampaikan pesan kepada seluruh warga Jakarta, agar selalu memeliharan kerukunan dan keharmonisan. (Video: Kemeriahan Jakarnaval 2015).

“Melalui Jakarnaval semoga semakin menyadarkan kita betapa pentingnya menguatkan wawasan nusantara dalam memperkokoh NKRI,” ujar Purba Hutapea.

Kepala Bidang Pengelolaan Daya Tarik Destinasi Diparbud DKI, Cucu Ahmad Kurnia mengatakan Jakarnaval 2015 mengambil tema 'Gempita Jakarta'. Tema tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap kreativitas dari berbagai komunitas yang ada di Ibukota Jakarta.

"Jakarnaval 2015 adalah kegiatan rutin setiap tahun yang sudah berlangsung ke 19 kali. Selain itu, event ini juga sebagai salah satu agenda daya tarik wisata di Jakarta," ujar Cucu di lokasi.

Artis ibukota yang ikut meramaikan Jakarnaval 2015 antara lain, Trio Macan, Fitri Carlina, Sazkia Gothik, Ras Muhammad, Kerispatih, Firza & Friends, Budi Doremi, Steven Jam, D'Masive, dan ditutup dengan meriah oleh Wali Band.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini