Sukses

BAKTI Kominfo Pamerkan Capaian Satelit Satria-1 di Forum Sewindu Proyek Strategis Nasional

BAKTI Kominfo ikut berpartisipasi dalam pameran Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN): Infrastructure Forum and Edutainment Expo.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) ikut berpartisipasi dalam pameran Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN): Infrastructure Forum and Edutainment Expo yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Mal Kasablanka, Jakarta pada 13 sampai 16 September 2023.

Forum Sewindu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan dihadiri beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju antara lain Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanti, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi.

Lalu ada pula Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Selama era pemerintahan Presiden Jokowi, pembangunan infrastruktur menjadi kerja prioritas yang perlu segera diselesaikan guna mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045.

Menyikapi hal tersebut, maka PSN terus dikebut pengerjaannya oleh pemerintah sehingga pemerataan pembangunan dan meningkatnya perekonomian nasional dapat terwujud.

Presiden Jokowi mengatakan, selama delapan tahun terakhir tercatat sebanyak 161 PSN berhasil rampung pengerjaannya. Dari jumlah tersebut mampu menyerap tenaga kerja mencapai 11 juta orang.

"Sejumlah PSN yang telah banyak tuntas meliputi bidang kawasan industri, pariwisata, perdagangan, residensial, jalan dan jembatan, energi, bandar udara, smelter, dan pengembangan kendaraan listrik," ujar Jokowi melalui keterangan tertulis, Minggu (17/9/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Ada Proyek Sedang Dilakukan

Hingga kini, menurut Jokowi, masih ada 68 proyek dalam tahap konstruksi, kemudian terdapat 31 proyek dan sembilan program PSN yang faktanya telah beroperasi sebagiannya.

Menurut Presiden Jokowi, PSN telah mampu memberikan dampak bagi perekonomian nasional dan meningkatkan daya saing mengacu data Institute for Management Development (IMD) global tahun 2022.

"Berdasarkan International Institute for Management Development, daya saing kita tahun 2022 ranking 44 tahun. Kemarin kita sudah masuk ranking 34, tu kenaikan tertinggi di dunia dan salah satunya karena infrastruktur banyak kita selesaikan," jelas Jokowi.

Salah satu PSN untuk pemerataan koneksi jaringan internet adalah Satelit Republik Indonesia 1 (Satria-1) yang ditangani BAKTI Kominfo. Satria-1 lepas landas dari Florida, Amerika Serikat, melalui Roket Falcon 9 SpaceX, pada Senin, 19 Juni lalu, pukul 05.59 WIB. Berikut penjelasannya terkait Satria-1:

- Satria-1 merupakan satelit terbesar di Benua Asia dan peringkat kelima dunia yang milik maupun pemgoperasiannya berada penuh dilakukan pemerintah Indonesia.

- Satria-1 berkapasitas throughput 150 miliar bit per second (Gbps) atau tiga kali lipat kapasitas sembilan satelit telekomunikasi yang digunakan Indonesia. Teknologinya disebut High Throughput Satellite (HTS).

- Satria-1 merupakan satelit multifungsi yang ditargetkan bergerak menempati orbit 146°BT hingga November mendatang di atas langit Provinsi Papua.

- Satria-1 diperkirakan mampu beroperasi selama 15 tahun ke depan sejak pertama kali mengorbit.

- Satria-1 akan siap digunakan memperkuat jaringan internet di 150 ribu titik, terutama daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Beroperasinya Satria-1 nanti dapat mendukung kegiatan publik seperti pendidikan, kantor pemerintahan, kesehatan, serta pengawasan wilayah.

BAKTI Kominfo telah membangun stasiun pengendali di bumi yang berada sebelas kota yaitu di Cikarang, Batam, Manado, Banjarmasin, Tarakan, Pontianak, Kupang, Ambon, Manokwari, Jayapura, dan Timika.

 

3 dari 3 halaman

Dipamerkan di Gerai BAKTI Kominfo

Keistimewaan Satria-1 imembuat BAKTI Kominfo merasa perlu memamerkannya dalam kegiatan Sewindu PSN: Infrastructure Forum and Edutainment Expo. Satria-1 menjadi andalan Indonesia ke depannya guna ketersediaan jaringan internet berkeadilan.

Ditampilkannya informasi PSN Satria-1 di booth BAKTI Kominfo memantik perhatian dan keingintahuan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Airlangga menyempatkan meninjau booth BAKTI Kominfo lalu menanyakan berbegai proses PSN Satria-1.

"Satria-1 dibuat di mana? Perusahaan mana yang membuatnya? Bagaimana nanti sistem kerja koneksi internetnya ke Indonesia?," tanya Menko Airlangga ke staf BAKTI Kominfo yang menjaga booth.

Beberapa pertanyaan Menko Airlangga mampu dijawab, antara lain Satria-1 diproduksi di Prancis oleh perusahaan Thales Alenia Space sejak tahun 2020. Namun sebagian pertanyaan lain tidak dapat dijelaskan, termasuk menyangkut pembiayaan Satria-1.

Menariknya, ketika Menko Airlangga sedang melihat dan meminta penjelasan Satria-1, banyak pengunjung yang meminta untuk swafoto. Akhirnya Menko Airlangga pun meladeni permintaan swafoto masyarakat di depan gerai BAKTI Kominfo di pameran Sewindu PSN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.