Sukses

Disdikpora DIY: Tak Perlu Ujian Nasional di Yogyakarta Diulang

Hal itu dinilainya akan memberikan dampak buruk bagi psikologi siswa.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Yogyakarta dinilai berlangsung lancar tanpa ada bocoran soal. Karena itu, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Yogyakarta berharap pelaksanaan UN di kota pelajar itu tak diulang.

"Kalau bisa di Jogja tidak perlu ujian ulang, karena di sini tidak ada bocoran soal seperti yang disangka," Kata Kepala Disdikpora DIY Kadarmanta Baskoro Aji melalui telepon, Jumat (17/4/2015).

Baskoro mengungkapkan alasan agar pelaksanaan UN tak diulang. Menurut dia, hal itu akan memberikan dampak buruk bagi psikologi siswa. Sebab mereka telah mengerjakan soal UN tersebut dengan jujur tanpa adanya bocoran soal.

"Kasihan siswa yang tidak mendapatkan bocoran. Padahal di Jogja tidak ada bocoran," imbuh dia.

Baskoro mengungkapkan pelaksanaan ujian menggunakan sistem computer based test (CBT) mengalami sedikit kendala. Kondisi itu terjadi di SMKN 3 Kasihan, Bantul.  "Untuk ujian Paper Based Test (PBT) berlangsung tanpa kendala," pungkas Baskoro.

Soal Ujian Nasional (UN) sebelumnya diduga bocor di Provinsi Daerah Istimewa Aceh dan Yogyakarta. Jika terbukti ada kebocoran, maka tidak menutup kemungkinan akan digelar ujian ulang.

"Jika ditemukan dari jawaban anak-anak bahwa mereka sudah mengetahui, maka di tempat itu akan dilakukan pengulangan. Tapi jika tidak ada tanda-tanda, tidak akan ada pengulangan," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.