Sukses

Api Lahap Pabrik Sepatu di Cikupa dan Permukiman Padat di Bogor

Kobaran api dengan cepat membakar pabrik pembuat bahan sepatu di Cikupa, Tangerang, Banten.

Liputan6.com, Tangerang - Petugas pemadam kebakaran berupaya keras memadamkan api yang menghanguskan toko 4 lantai di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat Selasa malam.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Rabu (11/3/2015) dini hari, petugas sempat kesulitan memadamkan api karena sebagian besar toko penjual suku cadang kendaraan sudah tutup.

Petugas membongkar paksa gembok toko agar bisa naik ke lantai 3 lokasi kobaran api. Karena kesulitan masuk, api dengan cepat membesar dan melalap toko lain. Hingga pukul 21.00 WIB, api sudah bisa dikendalikan. Namun kerugian diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran yang diduga karena hubungan pendek arus listrik itu.

Selasa siang, kebakaran menghanguskan permukiman padat penduduk di Jalan Sodong Timur, Pulogadung, Jakarta Timur. Warga sempat panik karena kobaran api terus merambat ke rumah lain.

Upaya pemadaman baru berhasil 1 jam kemudian setelah 20 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Diduga kebakaran terjadi akibat korsleting dari salah satu rumah kontrakan.

Senin malam 8 Maret 2015, kebakaran menghanguskan 5 lantai Wisma Kosgoro di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat. Kobaran api sejak pukul 18.30 WIB itu terus membesar hingga malam hari.

Sebagian material yang terbakar sempat beterbangan dan berjatuhan ke bawah. Puluhan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di gedung berlantai 20 itu, termasuk mengerahkan kendaraan Bronto Skylift. Namun tidak mudah bagi petugas memadamkan api di gedung yang dibangun 1970-an itu. Api baru benar-benar padam Selasa pagi menjelang siang.

Kobaran api juga dengan cepat membakar pabrik pembuat bahan sepatu di Cikupa, Tangerang, Banten, Jawa Barat. Banyaknya bahan yang mudah terbakar membuat api dengan cepat membesar dan menghanguskan 2 gedung di areal pabrik.

Api diduga berasal dari sampah limbah sepatu yang dibakar oleh seorang karyawan yang tertidur kelelahan setelah piket malam, sehingga api merambat membakar bahan lainnya. Api berhasil dipadamkan setelah 7 unit mobil dan belasan petugas kebakaran diterjunkan ke lokasi.

Di Bogor, Jawa Barat, puluhan rumah di Kampung Padasuka, Kelurahan Gudang, ludes terbakar. Padatnya rumah penduduk ditambah embusan angin kencang sempat menyulitkan petugas pemadam kebakaran menguasai api.

Kebakaran ini terjadi setelah api muncul dari salah satu rumah warga yang diduga berasal dari ledakan tabung gas. Api berhasil padam 1 jam kemudian setelah 5 unit mobil pemadam dari Pemkot Bogor diterjunkan ke lokasi. (Vra/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini