Sukses

Mortir Sisa Perang Dunia I Ditemukan di Pesanggrahan Jaksel

Jajaran Polsek Pesanggrahan dibantu anggota polisi dari Mapolres Jakarta Selatan saat mengamankan mortir kuno tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Pekerja proyek penggalian pondasi di Apartemen Lexinton, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, dikejutkan dengan temuan sebuah mortir bekas peninggalan Perang Dunia I.

Meski buatan 1938, namun mortir tersebut diduga masih aktif. Karena dianggap berbahaya, mortir itu pun langsung diamankan Gegana Polda Metro Jaya.

"Mortir tersebut diduga masih aktif. Namun sekarang sudah diamankan oleh tim Gegana Brimob Polda Metro Jaya," ujar Kapolsek Pesanggrahan Kompol Dedy Arnadi, Jakarta, Senin (23/2/2015).

Dedy menjelaskan, mortir tersebut ditemukan pekerja proyek bernama Dase (25) di kedalaman 1,2 meter. Mortir tersebut berukuran 50 centimeter dan diameter 15 centimeter.

"Yang menemukan pertama kali itu Dase yang merupakan pekerja proyek yang sedang melakukan penggalian pondasi," kata dia.

Jajaran Polsek Pesanggrahan dibantu anggota polisi dari Mapolres Jakarta Selatan saat mengamankan mortir kuno tersebut. "Saat evakuasi mortir warga disuruh menjauh dalam radius 50 meter," sambung dia.

Dedy menambahkan, setelah mortir dievakuasi keadaan di lokasi penemuan sudah kembali kondusif dan kegiatan proyek pun kembali normal. "Usai dievakuasi oleh tim Gegana, kini kondisi di TKP sudah kondusif," pungkas Dedy. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.