Sukses

Hasto Beberkan Manuver Politik Abraham Samad di Praperadilan BG

Plt Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto terlihat dalam persidangan praperadilan yang diajukan Komjen Pol Budi Gunawan.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaksana tugas (Plt) Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto terlihat dalam persidangan praperadilan yang diajukan Komjen Pol Budi Gunawan atas penetapan status tersangka oleh KPK. Hasto belakangan mengungkap manuver politik yang dilakukan Ketua KPK Abraham Samad saat Pilpres 2014.

Namun, Hasto menegaskan kedatangannya di sela-sela sidang praperadilan Budi Gunawan itu bukan merupakan manuver politik. Ia mengaku datang karena diminta Tim Kuasa Hukum Budi Gunawan.

"Ya saya datang ini kan ke tempat yang terbuka, jadi saya tidak ingin dilakukan di tempat tertutup, supaya saya ingin semuanya terbuka dan bisa dipertanggungjawabkan," kata Hasto di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (10/2/2015).

Hasto juga berharap agar sidang praperadilan yang dilayangkan Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian itu dapat berjalan lancar.

"Ya mudah-mudahan berjalan sesuai dengann mekanisme yang ada," ucap Hasto.

Sementara itu, Kuasa Hukum Komjen Budi Gunawan, Fredrich Yunadi memastikan Hasto bakal dijadikan saksi dalam sidang praperadilan kliennya. "Kita mengundang beliau dan beliau juga ingin memberikan kesaksian," kata Fredrich.

Dia menambahkan, nantinya Hasto bakal memberikan kesaksian dalam kaitannya dengan pertemuan politik Abraham Samad dengan sejumlah petinggi PDIP termasuk Hasto.

"Dalam hal ini bagaimana apa yang beliau alami, seperti apa pertemuaan dengan AS dan bagaimana kemudian apa yang dikatakan dalam pertemuan tersebut nanti akan dijelaskan di persidangan," ucap Fredrich.

Menurut Fredrich, ada kaitannya pertemuan Samad dengan Hasto saat pilpres 2014 lalu dengan ditetapkannya Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka atas kasus kepemilikan rekening tak wajar.

"Jelas dong dalam hal ini ada suatu rekayasa, timbulnya dari sana," tambah Fredrich. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini