Sukses

Pohon Maut di Kebun Raya Bogor Diduga Lapuk Dimakan Rayap

Secara visual, pohon Agastis terlihat sehat dari luarnya. Namun di bagian dalam batang pohonnya sudah keropos.

Liputan6.com, Bogor - Pohon yang tumbang di Kebun Raya Bogor, tepatnya di Area Astrid, telah memakan 4 korban jiwa. Kepala Sub Bidang (Kasubid) Pemeliharaan Koleksi Tanaman Kebun Raya Bogor, Izuandri mengatakan pohon tumbang yang berjenis Agatis ini tumbang karena lapuk dimakan rayap.

"Hasil temuan tadi, dilihat memang di bagian tengah keropos dan banyak rayapnya," jelas di lokasi kejadian, Minggu (11/1/2015) siang.

Dia mengatakan, pohon yang tumbang diperkirakan sudah berusia 50 tahun lebih. Secara visual, lanjutnya, pohon Agastis terlihat sehat. Namun di bagian dalam batang pohonnya sudah keropos. Pihaknya mengklaim telah melakukan pengecekan setiap hari, terutama pohon-pohon yang sudah tua.

"Untuk itu, kami mengimbau agar para pengunjung untuk tidak berada di dekat pohon yang sudah tua," ujar Izuandri.

Sebelumnya, tumbangnya pohon ini mengakibatkan 4 orang tewas dan 21 orang luka-luka. Para korban merupakan karyawan PT Asalta Agung Mandiri yang tengah berekreasi sekaligus membahas kenaikan UMK.

Berikut nama-nama korban yang meninggal:

1. Sarijo (39), warga Cijujung, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

2. Suryana (42), warga Jalan Pembangunan, Kedung Halang.

3. Supriyono, Jalan Kandang Roda RT 2/4 Kelurahan Nangewer, Kabupaten Bogor.

4. Saifulloh (43), Kampung Babakan Tarikolot, Kelurahan Nangewer, Kabupaten Bogor.

(Ado/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini