Sukses

Libur Panjang, Pantai Anyer Penuh Sesak Wisatawan

Kemacetan parah di jalur Pantai Anyer juga dipicu karena banyaknya kendaraan besar dari kawasan industri Krakatau Steel dan Pelindo.

Liputan6.com, Serang - Kemacetan terjadi di sepanjang jalur wisata Pantai Anyer, Kabupaten Serang, Banten, Jawa Barat, kemarin siang.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Jumat (2/1/2015), antrean kendaraan bahkan mengular hingga 15 kilometer dengan ekor hampir mencapai Kota Cilegon.

Kemacetan tidak hanya terjadi di jalur utama Pantai Anyer, yakni jalur Cilegon-Ciwandan saja, tetapi juga di jalur alternatif Jalan Lingkar Selatan Kota Cilegon serta di jalur Mancak dan Gunung Sari, Kabupaten Serang.

Polisi terpaksa memberlakukan sistem buka-tutup di Jalur Lingkar Selatan karena banyaknya volume kendaraan untuk menghindari kesemrawutan kendaraan wisatawan.

Polisi juga mengalihkan sebagian kendaraan tujuan Pantai Anyer ke jalur alternatif lain. Rupanya pengalihan itu tidak cukup membantu karena kendaraan terus berdatangan dari arah Jakarta.

Kemacetan parah di jalur Pantai Anyer juga dipicu karena banyaknya kendaraan besar dari kawasan industri Krakatau Steel dan Pelindo. Kemacetan itu membuat waktu tempuh dari Tol Cilegon Barat menuju Pantai Anyer yang normalnya hanya sekitar 30 menit, kini bisa mencapai 3 hingga 5 jam.

Sejumlah wisatawan pun mengeluhkan kondisi itu karena waktu mereka banyak terbuang di jalan. Pantai Anyer diperkirakan dikunjungi lebih dari 200 ribu orang sepanjang Kamis kemarin yang merupakan puncak liburan akhir tahun.

Berdasarkan pantauan, suasana di sejumlah pantai terbuka seperti Pantai Sambolo dan Mercusuar Pantai Anyer penuh sesak oleh pengunjung. (Vra/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini