Sukses

Serunya Peringatan Hari Toilet Sedunia di Lampung

Peringatan itu digelar lantaran wilayah tersebut masih sangat minim kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan.

Liputan6.com, Lampung - Berbagai perlengkapan sudah disiapkan mulai dari ember, cairan pembersih, sikat, sarung tangan, dan sabun. Pemandangan itu terlihat saat masyarakat memperingati Hari Toilet Sedunia.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Sabtu (20/12/2014), semua perlengkapan tersebut digunakan untuk membersihkan toilet. Pesertanya adalah ratusan warga Desa Ciherang, Kecamatan Gunung Alip, Tanggamus, Lampung. Peringatan Hari Toilet Sedunia diselenggarakan di Tanggamus karena di wilayah itu masih sangat minim kesadaran warga akan kebersihan lingkungan.

Lewat kegiatan itu, masyarakat diajak untuk tidak hanya memiliki jamban saja. Tetapi didorong memiliki toilet dan septictenk yang sehat dan benar.

Data menunjukkan, baru 30 persen rumah warga yang memiliki toilet yang memadai. Melalui peringatan Hari Toilet Sedunia itu diharapkan masyarakat bisa mengubah pola hidup sehat yang benar, yakni tidak membuang air besar atau hajat sembarangan. (Vra/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.