Sukses

Jaga Demo Buruh, Satpol PP Bantu 16.670 Polisi

Demo buruh yang dipusatkan di bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta dipastikan bakal terkendali.

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisan Metro Jaya memastikan, siap menjaga keamanan Jakarta selama demonstrasi besar yang digelar buruh untuk menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berlangsung. Demo buruh yang dipusatkan di bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta dipastikan bakal terkendali.

Keterangan itu disampaikan langsung oleh Kapolda Metro Jaya, Unggung Cahyono. Unggung mengatakan, selain dari Polda Metro Jaya, jajaran dari Polri, Kodam Jaya, dan Satpol PP pun turut ikut menjaga keamanan selama demo buruh berlangsung.

"Kita (kerahkan) 16.670 (anggota) dari polda dan polres di-back up dari Mabes Polri, Kodam Jaya, dan Satpol PP," kata Unggung di Jakarta, Rabu (10/12/2014).

Tak Ada Pengalihan Lalin

Dia menjelaskan, dari laporan yang diterimanya, akan ada 50 ribu buruh yang rencananya bakal memenuhi bundaran HI. Namun, sampai siang ini jumlah massa yang berkumpul masih sekitar 7.500-12 ribu orang.

Di samping soal pengamanan, kata dia, dipastikan tak ada pengalihan lalu lintas. Dia menjamin, buruh hanya akan menggunakan 2/3 dari jalur bundaran HI dan 1/3 tetap digunakan untuk kendaraan bermotor.

"Tidak kita alihkan, tidak kita tutup jalurnya," pungkas Unggung.

Sementara itu, demo buruh ini juga digelar secara serentak di 12 provinsi, yaitu Jawa Barat (Bandung), Jawa Tengah (Semarang), Jawa Timur (Surabaya), Banten (Serang), Aceh, Kepulauan Riau (Batam), Sumatera Utara (Medan), Gorontalo dan lain-lain. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.