Sukses

Mega Gelar Rapat Bahas Rakernas PDIP di Semarang

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menggelar rapat internal di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Rapat yang berlangsung sekitar 5 jam itu dihadiri sejumlah fungsionaris DPP PDIP.

Salah satu hasil rapat tersebut ialah menunjuk Prasetyo Edi sebagai calon ketua DPRD DKI Jakarta yang nantinya diusulkan dan disahkan melalui rapat pripurna. Selain itu, pertemuan tertutup tersebut diketahui juga membahas kesiapan Rakernas.

"Rakernas berlangsung 19-21 September di Semarang," kata Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Jumat (5/9/2014) malam.

Andreas menjelaskan, dalam rakernas akan dibahas sejumlah hal strategis yang akan dilakukan partai selama 5 tahun mendatang. Yang jelas, kata dia, hal itu dimulai dengan deklarasi PDIP sebagai partai utama pendukung pemerintah.

"Ibu Ketum (Megawati) akan menyampaikan posisi PDIP sebagai partai pemerintah," tambah Andreas.

Megawati, lanjut Andreas, akan menyampaikan amanat bagi seluruh kader tentang perubahan pola pikir atau mindset PDIP. Dari partai di luar pemerintah menjadi bagian dari pemerintahan.

Tentunya yang paling ditekankan kepada seluruh kader ialah agar mereka dapat membuktikan PDIP sebagai partai yang mendukung pemberantasan korupsi.

"Semua kader akan diminta berhati-hati agar tidak tersandung korupsi," ucap Andreas.

Hal strategis selanjutnya, jelas Andreas, rakernas akan mengedepankan hal yang menyangkut penguatan konsolidasi partai. Dia mengungkapkan, putri proklamator Indonesia itu ingin tiga pilar partai di level eksekutif, legislatif, dan struktural bersinergi mendukung pemerintahan.

Selain itu, Megawati juga mengingatkan kader PDIP jangan terlena dengan kemenangan sehingga melemahkan cita-cita perjuangan partai.

Hal penting ketiga, lanjut dia, rakernas menyangkut persiapan Kongres PDIP 2015. Selebihnya, Andreas tak mau menjelaskan secara rinci apalagi saat disinggung apakah rakernas akan membahas kandidat-kandidat ketua umum PDIP atau tidak. (Riz)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS