Sukses

Kereta Empu Jaya Bertabrakan di Cirebon

Liputan6.com, Cirebon: Kereta Api Empu Jaya menabrak lokomotif --kepala kereta-- Kereta Api Cirebon Ekspres di Stasiun Cirebon, Jawa Barat, pukul 03.45 WIB. Akibat kecelakaan ini, sejumlah orang tewas. Namun, data tersebut belum dapat dipastikan, mengingat informasi ini masih simpang-siur. Menurut laporan sementara, dua penumpang KA Empu Jaya jurusan Yogyakarta-Jakarta, meninggal dunia dan belasan lainnya cedera.

Diperkirakan, korban masih akan terus bertambah. Soalnya, hingga berita ini ditulis, masih ada sejumlah penumpang yang terjepit di sela-sela gerbong kereta. Informasi lain menyebutkan jumlah penumpang tewas sebanyak 15 orang. Sedangkan seorang saksi mata mengatakan, tabrakan tersebut mengakibatkan sebuah gerbong KA Empu Jaya terbalik. Akibat lain dari musibah ini, jalur kereta api menuju Jakarta dan sebaliknya mengalami hambatan.

Dari pemantauan SCTV, hingga kini, para petugas penyelamat masih mengevakuasi sejumlah korban. Mereka dievakuasi ke Rumah Sakit Gunung Jati, RS Ceremai, dan RS Pelabuhan. Sementara itu, masinis KA Empu Jaya masih terjepit di antara lokomotif dan mulut KA Empu Jaya. Untuk mengatasi hal itu, petugas PT. Kereta Api Indonesia setempat telah mengusahakan mendatangkan sejumlah alat berat ke lokasi. Selain mengurus para korban, Tim Teknis PT. KAI masih mengusut sebab-musabab insiden tersebut.

Kepala Hubungan Masyarakat PT. KAI Pusat Gatot Wibowo menyatakan, peristiwa itu bermula saat KA Empu Jaya menabrak lokomotif Cirebon Ekspres yang sedang langsir. Menurut dia, kesalahan terletak pada KA Empu Jaya yang tidak memenuhi prosedur saat memasuki stasiun. Kecelakaan itu seakan mengingatkan tragedi Bintaro yang menelan banyak korban jiwa, beberapa tahun silam.(ANS/Mahmud)