Sukses

Presiden Yudhoyono Memimpin Pemakaman Rizal Nurdin

Liputan6.com, Medan: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin prosesi pemakaman almarhum Gubernur Sumatra Utara Tengku Rizal Nurdin di Medan, Sumut, Selasa (6/9). Tengku Rizal dikuburkan di areal Masjid Raya, Medan, tepatnya di belakang masjid yang menjadi kompleks pemakaman khusus bagi petinggi-petinggi Melayu.

Pemakaman Rizal dilakukan secara militer. Ibu negara Ani Yudhoyono turut mendampingi kedatangan SBY. Ikut dalam rombongan sejumlah menteri, Kepala Badan Intelijen Negara Mayor Jenderal Syamsir Siregar dan Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi. Beberapa gubernur juga ikut melayat. Sehabis memimpin upacara pemakaman, Presiden berencana mengunjungi lokasi kecelakaan dan korban yang masih dirawat di rumah sakit [baca: Presiden Melayat Korban Mandala Airlines].

Sebelum pemakaman, rumah dinas Rizal dipenuhi ribuan pelayat. Mereka berdoa dan mencoba mengurangi kesedihan yang dialami keluarga korban. Menteri Perhubungan Hatta Rajasa, Panglima Daerah Militer I Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Tri Tamtomo Panggabean dan sejumlah petinggi Pemerintah Daerah Sumut juga turut melayat.

Almarhum Tengku Rizal Nurdin adalah salah satu korban tewas dalam kecelakaan pesawat Mandala Airlines. Tragedi tersebut juga merenggut seorang kerabatnya dan juga sejumlah anggota DPD Sumut [baca: Evakuasi Korban Pesawat Mandala Masih Berlangsung].

Suasana duka juga mewarnai kediaman anggota DPD Abdul Halim Harahap yang tewas bersama istrinya, Hafsah Hasibuan dalam musibah jatuhnya pesawat Mandala di Padang Bulan Medan. Keduanya dimakamkan di Kampung Lalang, Medan.

Tiga putra almarhum Abdul Halim tak kuasa menahan tangis menyaksikan kedua jenazah orang tuanya. Kesedihan makin dalam ketika jenazah hendak dimakamkan. Sejumlah tokoh turut mengantar jenazah di antaranya Ketua DPD Ginandjar Kartasasmita.

Adapun jenazah anggota DPD Sumut lainnya yakni Raja Inal Siregar, Senin malam kemarin, juga sudah berhasil diidentifikasi. Rencananya siang ini, almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan.

Sementara itu menurut rencana, lima jenazah korban kecelakaan pesawat bernomor PK-RIM 091 rute Medan-Jakarta tersebut diberangkatkan ke Jakarta, hari ini. Vislam, salah seorang korban di antaranya cuma transit di Jakarta. Ia akan diterbangkan lagi menuju kampung halamannya di Banyumas, Jawa Tengah.

Mereka yang diberangkatkan antara lain Askar Timur, pilot pesawat Boeing 737-200 itu yang jatuh. Turut diterbangkan pula pramugari bernama Novi Maulana Shova. Dua lainnya adalah penumpang yakni Agus Syahputra, warga Permata Hijau serta Rissa Dwi Fianti, warga Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.(AIS/Tim Liputan 6 SCTV)

    Live Streaming EMTEK GOES TO CAMPUS 2018 di Surabaya

    Tutup Video