Sukses

Masih Sering Overthinking? Coba Lakukan 3 Tips Jitu Ini untuk Mengendalikannya

Lantas, apa saja tips jitu untuk menghilangkan overthinking dari pikiran?

Liputan6.com, Jakarta Bukan manusia namanya jika nggak pernah overthinking. Kebiasaan ini biasanya muncul saat momen-momen tertentu, seperti ketika terkena masalah, penasaran, bahkan lagi gabut sekalipun. Sayangnya, sering overthinking dianggap kurang baik karena dapat mengganggu kesehatan mental dan emosional seseorang. Ini sering kali menyebabkan stres, kecemasan, dan kesulitan dalam mengambil keputusan. 

Untuk mengatasi overthinking sendiri bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan waktu dan niat yang besar dari masing-masing individu. Tetapi, jangan khawatir, masih ada beberapa strategi efektif yang dapat membantu mengendalikan kebiasaan satu ini. Lantas, apa saja tips jitu untuk menghilangkan overthinking dari pikiran?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Fokus pada Solusi, Bukan Masalah

Sering kali, overthinking terjadi ketika seseorang terlalu fokus pada masalah tanpa mencari solusinya. Daripada terus-menerus memikirkan apa yang salah atau apa yang akan terjadi, cobalah untuk mengalihkan perhatian kamu pada tindakan konkret untuk memperbaiki situasi. 

Misalnya, jika khawatir tentang kinerja kerja, buatlah daftar tugas yang perlu diselesaikan dan mulailah bekerja pada tugas tersebut satu per satu. Dengan fokus terhadap solusi, kamu pun akan bisa merasa lebih terkendali dan mengurangi pikiran negatif yang berputar-putar di dalam kepala.

3 dari 4 halaman

2. Praktikkan Mindfulness dan Meditasi

Mindfulness merupakan praktik yang dapat membantumu untuk hidup di saat ini dan mengurangi kekhawatiran tentang masa lalu atau masa depan. Inilah mengapa, meditasi mindfulness dapat menjadi metode yang sangat efektif untuk mengatasi overthinking. 

Cobalah duduk dengan tenang, tarik napas dalam-dalam, dan fokus pada pernapasanmu. Jika pikiran mulai melayang, perlahan-lahan kembalikan fokus ke napas. Apabila latihan ini dilakukan dengan rutin, pikiran berlebihan yang ada di kepala pun akan bisa berkurang dan kamu jadi lebih enjoy dalam menikmati hidup. 

4 dari 4 halaman

3. Batasi Waktu untuk Memikirkan Masalah

Memberikan batasan waktu untuk memikirkan masalah juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mengendalikan overthinking. Tentukan waktu khusus setiap hari, misalnya 15-30 menit, di mana kamu diizinkan untuk memikirkan dan merenungkan masalah yang ada. Setelah waktu tersebut habis, hentikan berpikir tentang masalah tersebut dan fokus pada aktivitas lain. 

Melakukan teknik ini dapat membantu mencegah datangnya pikiran negatif dan berlebihan. Dengan begitu, kamu pun bisa lebih fokus pada hal-hal yang lebih baik dan produktif.

Asal kamu tahu bahwa overthinking sendiri adalah kebiasaan yang dapat menguras energi dan merusak kesehatan mental. Namun, dengan menerapkan tiga tips di atas, kamu pasti dapat mengurangi kecenderungan untuk berpikir berlebihan dan menjalani hidup dengan lebih tenang dan produktif. 

Jika ingin pikiran lebih tenang dan damai, cobalah sekali-kali healing ke destinasi yang indah. Nggak usah khawatir soal beli tiket transportasi ataupun penginapan, sebab saat ini ada platform traveling online yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja sesuka hatimu. Lewat platform online ini pula, kamu juga bisa mendapatkan ragam promo menarik yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari potongan harga, cashback, dan masih banyak lagi yang lainnya.

So, buat yang masih sering overthinking, cobalah untuk menerapkan ragam tips tersebut dan jangan lupa healing sejenak biar pikiran makin jernih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.