Sukses

Indonesia Masuk Daftar 20 Negara dengan Wanita Tercantik di Asia Versi Insider Monkey, Korsel Teratas

Indonesia berada di peringkat 11 dari 20 negara yang masuk ke dalam daftar. Industri kecantikan Indonesia diproyeksikan menghasilkan Rp158 triliun per 2024. Prosedur seperti botox, filler, dan peremajaan kulit jadi yang paling banyak digandrungi.

Liputan6.com, Jakarta - Situs keuangan dan investasi, Insider Monkey baru saja mengeluarkan daftar 20 negara dengan wanita tercantik di Asia. Daftar tersebut diurutkan berdasarkan pergerakan industri kecantikan dan laporan data konsensus dari negara masing-masing.

Dikutip dari laman Insider Monkey, Rabu, 12 Juni 2024, hasilnya, Korea Selatan tetap jadi yang teratas soal ini. Tercatat bahwa industri kecantikan di Korea Selatan diperkirakan akan menghasilkan pendapatan sebesar $1,76 miliar atau setara dengan Rp28,6 triliun. Korea Selatan juga jadi ibu kotanya operasi plastik. Sebuah laporan menyoroti bahwa 1 dari 5 wanita Korea Selatan pernah melakukan operasi plastik.

Di bawah Korea Selatan, ada Jepang. Negara Matahari Terbit ini memiliki bisnis kosmetik yang diperkirakan menghasilkan pendapatan sebesar USD7,49 miliar atau setara dengan Rp122 triliun. Negara ini juga memiliki kesadaran kecantikan yang tinggi. Menyusul di urutan ketiga ada negara tetangga Indonesia, Vietnam. Negara ini terkenal dengan wanita cantiknya yang sering dikagumi karena wajahnya yang halus, kulit yang mulus, dan sikap yang anggun.

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan prosedur kosmetik meningkat di kalangan wanita Vietnam. Menurut laporan industri, Vietnam adalah salah satu negara termurah untuk operasi plastik, dengan biaya operasi hidung hanya sekitar USD1.000 atau sama dengan Rp16 juta. Operasi pembesaran payudara juga menjadi salah satu permintaan tinggi di negara ini dengan biaya yang cukup murah dibanding negara lain, sekitar USD2.000 atau Rp32 juta.

Indonesia berada di peringkat 11. Ditulis dalam artikel tersebut bahwa, wanita Indonesia yang berusia 30-an dan 40-an memiliki peningkatan peminatan terhadap perawatan anti-penuaan seperti botox, filler, dan prosedur peremajaan kulit lainnya. Industri kecantikan dan perawatan kulit di Indonesia diperkirakan akan menghasilkan penjualan hingga USD9,7 miliar atau Rp158 triliun pada 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

ASEAN Kuasai Daftar

Delapan dari 20 negara yang masuk ke dalam daftar ini berasal dari Asia Tenggara. Selain Indonesia dan Vietnam, ada Filipina di urutan keempat, Malaysia di urutan keenam, Singapura di urutan kesembilan, Thailand di urutan kesepuluh, dan Laos sebagai penutup di urutan 20.

Filipina terkenal dengan wanita cantiknya dengan perpaduan unik antara ciri-ciri Asia dan Spanyol dan juga merupakan negara yang memiliki wanita paling curvy di Asia. Industri kecantikan dan perawatan Filipina diperkirakan akan menghasilkan penjualan sebesar $6,47 miliar atau Rp105 miliar pada 2024. 

Di sisi lain, Malaysia yang memiliki wanita multi-etnis yang terdiri dari Melayu, Tionghoa, India, dan kelompok masyarakat adat lainnya menghasilkan perpaduan antara fitur wajah dan standar kecantikan yang luas. Prosedur kosmetik yang paling populer di kalangan wanita meliputi operasi hidung, sedot lemak, dan operasi kelopak mata. Bisnis kosmetik di Malaysia diperkirakan akan menghasilkan pendapatan sebesar $451,30 juta atau sama dengan Rp7,3 triliun pada tahun 2024. 

Menariknya, Thailand yang selama ini dikenal dengan standar kecantikannya berada di urutan kesepuluh dalam daftar. Berdasarkan survei tentang cara masyarakat memandang kecantikan dan operasi plastik di Thailand, 38 persen peserta mengatakan mereka pernah mempertimbangkan atau menjalani operasi plastik.

Dari kelompok ini, 88 persen setuju bahwa memperbaiki penampilan adalah kekuatan utama mereka. Bisnis kecantikan dan perawatan pribadi di Thailand diperkirakan akan menghasilkan pendapatan sebesar USD6,67 miliar atau sekitar Rp107 miliar pada 2024.

 

 

3 dari 4 halaman

Penguasa Pasar Kecantikan Asia

Jika berbicara tentang pemain terbesar di industri kecantikan, perusahaan seperti Estee Lauder, L’Oreal, dan Ulta Beauty, dan banyak perusahaan lainnya tidak bisa ketinggalan. Terobosan Estee Lauder terjadi pada 1953 di Asia dengan peluncuran Youth Dew, minyak mandi yang berfungsi ganda sebagai wewangian dan terjual sebanyak 50 ribu botol pada tahun pertama.

Pada kuartal I/2024, penjualan bersih Estee Lauder turun 10 persen dari tahun ke tahun menjadi $3,52 miliar atau Rp57 triliun dan penjualan bersih organik turun 11 persen.

L’Oréal juga merupakan pemimpin global dalam industri kecantikan. Inovasi adalah inti kesuksesan L’Oréal dengan investasi signifikan sebesar €1,29 miliar alias Rp22 triliun dalam penelitian dan pengembangan pada 2023, yang merupakan 3 persen dari penjualannya. Salah satu contoh penting L’Oréal adalah akuisisi Modiface pada 2018 yang merupakan perusahaan AI yang memungkinkan konsumen mencoba riasan dan pewarna rambut secara virtual. 

Terakhir, Ulta Beauty meluncurkan inisiatif Conscious Beauty yang bertujuan untuk memberikan transparansi dan edukasi kepada pelanggan tentang produk yang mereka tawarkan. Ulta Beauty Charitable Foundation (UBCF) mendukung kesejahteraan perempuan dan remaja, dengan fokus pada kesejahteraan pikiran, tubuh, dan komunitas. Pada 2024, UBCF menyumbangkan USD3 juta alias Rp48 miliar kepada mitra nirlaba.

Perusahaan bermitra dengan organisasi seperti Big Brothers Big Sisters, Breast Cancer Research Foundation, Dress for Success, Save the Children, dan The Jed Foundation untuk mendukung berbagai kegiatan sosial. Ulta Beauty membuka 247 toko baru di Asia pada tahun 2022 dan merombak 20 toko dengan tata letak dan desain lantai baru.

4 dari 4 halaman

Daftar 20 Negara dengan Wanita Paling Cantik di Asia

Industri kecantikan global menjadi salah satu kunci kecantikan wanita. Pasar perawatan wajah Asia-Pasifik diproyeksikan mencapai USD88,4 miliar atau Rp1,4 triliun pada 2031. Ukuran pasar perawatan kulit wajah global diperkirakan bahkan mencapai USD96,13 miliar atau Rp1,5 triliun pada tahun 2023 dan diperkirakan akan mencapai sekitar USD169,57 miliar atau Rp2,7 triliun pada 2033, tumbuh pada tingkat pertumbuhan tahunan majemuk sebesar 5,84 persen, menurut Precedence Research.

Selain negara-negara Asia Tenggara dan Asia Timur yang hampir semuanya masuk ke dalam daftar, beberapa negara Asia Selatan seperti Sri Lanka, India, dan Pakistan juga masuk ke dalam daftar. Selain itu, ada juga negara Asia Tengah seperti Kazakhstan. Iran jadi satu-satunya negara Asia Barat yang masuk ke dalam daftar ini.

Daftar 20 negara dengan wanita paling cantik di Asia:

  1. Korea Selatan
  2. Jepang
  3. Vietnam
  4. Filipina
  5. Iran
  6. Malaysia
  7. India
  8. Tiongkok
  9. Singapur
  10. Thailand
  11. Indonesia
  12. Hong Kong
  13. Macau
  14. Bhutan
  15. Taiwan
  16. Kazakhtan
  17. Sri Lanka
  18. Pakistan 
  19. Myanmar
  20. Laos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini