Sukses

IU Ulang Tahun ke-31, Dirayakan dengan Bagikan Donasi Rp2,4 Miliar ke 4 Organisasi

Baru beberapa hari lalu, IU berdonasi untuk merayakan Hari Anak di Korea. Tindakan amalnya diulangi di hari ulang tahunnya yang jatuh pada hari ini, Kamis (16/5/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada hari ini, Kamis (16/5/2024), IU berulang tahun ke-31. Merayakan hari jadinya, agensi IU, EDAM Entertainment merilis sederet sertifikasi donasi.

"Kami harap hari semua orang hangat, menyerupai cinta berlimpah yang dipenuhi oleh UAENA tahun ini juga," demikian pernyataan agensi, dikutip dari Kbizoom.

Berdasarkan sertifikat donasi, IU menyumbangkan masing-masing 50 juta won untuk empat organisasi, yakni Grouphome untuk anak-anak dan remaja, Layanan Kesejahteraan Korea, Siput Cinta, dan Asosiasi Keluarga Ibu yang Tidak Menikah Korea. Total donasi yang diberikan adalah 200 juta won atau sekitar Rp2,4 miliar atas nama IUAENA.

Uang 50 juta won yang disumbangkan ke Layanan Kesejahteraan Korea akan digunakan untuk membantu generasi muda yang mempersiapkan kemandirian agar bisa berbaur di masyarakat dengan aman. Sebanyak 50 juta won yang diberikan kepada Snail of Love diharapkan dapat membantu individu yang mengalami gangguan pendengaran.

Donasi yang diberikan tak berselang lama dari sumbangan sebesar 100 juta won yang diserahkan IU kepada ChildFund Korea untuk memperingati Hari Anak yang jatuh pada 5 Mei 2024. Dilansir dari KoreaJoongAng Daily, agensi IU tidak hanya menyertakan nama sang penyanyi, tetapi juga fandomnya, UAENA.

Sejak 2015, pemilik nama Lee Ji Eun itu secara rutin berdonasi setiap tahun dalam momen Hari Anak. Ini juga ke sekian kali IU berdonasi dengan menyertakan nama penggemar.  

Tahun lalu, IU mendonasikan 250 juta won pada hari ulang tahunnya dengan nama IUAENA, dengan 50 juta won masing-masing didonasikan kepada keluarga dengan orangtua tunggal, kaum muda yang sedang mempersiapkan kemandirian, ibu-ibu yang tidak menikah, dan 100 juta won kepada anak-anak kurang mampu di Korea.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkiraan Donasi yang Dikeluarkan IU

Dilaporkan bahwa IU telah menyumbangkan lebih dari 5 miliar won sejak debutnya. Fans menanggapi kabar tersebut dengan positif.

"Saya senang bahwa Ji-eun adalah penyanyi saya," tulis penggemar. "IU adalah yang terbaik."

"Terima kasih banyak setiap saat," imbuh yang lain.

"Dia benar-benar luar biasa."

"Dia memiliki hati yang hangat."

Di saat bersamaan, IU sedang menyelesaikan rangkaian tur konsernya yang bertajuk '2024 IU HEREH WORLD TOUR CONCERT'. Indonesia menjadi salah satu negara yang disambanginya. Ia tampil selama dua hari, yakni pada Sabtu--Minggu, 27--28 April 2024.

Mengutip kanal Showbiz Liputan6.com, konser tersebut banyak meninggalkan momen mengesankan bagi sang diva, sekaligus penggemarnya. Selama tiga jam, solois asal Korea Selatan itu tampil memukau di atas panggung dengan membawakan lebih dari 20 judul lagu.

Pemilik nama asli Lee Ji Eun ini berhasil membius para penonton yang hadir di ICE BSD City, Tangerang, dengan nyanyian merdunya yang diiringi oleh live band. Perempuan yang debut sejak 2008 tersebut tak menyangka dengan euforia Uaena Indonesia yang disebutnya semakin besar.

 

3 dari 4 halaman

Konser Tak Terlupakan

Padahal, IU merasa dibuat bersalah lantaran sudah lama tidak menyambangi Tanah Air. Diketahui, pelantun “Love Wins All” itu terakhir menyapa penggemar Indonesia melalui konser solo perdananya pada 2019.

IU pun bersyukur bisa menerima cinta dari penggemarnya yang begitu luar biasa. “Saya kepikiran harus lebih sering lagi datang ke sini. Saya sangat berterima kasih," kata IU dengan tulus lalu membungkukkan badan di depan penonton.

Saking takjubnya dengan keriuhan suara penonton yang kompak bernyanyi dari awal konser dimulai, IU mengaku lebih sulit melupakan momen selama konser di Jakarta daripada saat ia pertama kali debut sebagai solois. "Walaupun saya bisa melupakan debut saya, tapi penampilan ini tidak bisa dilupakan," ucapnya.

Menurut IU, banyak keseruan yang ia rasakan selama menghelat konser di Jakarta. IU bahkan bisa mengingat momen ini hingga 10 tahun mendatang. "Wah, konser hari ini yang paling akan saya ingat. Paling tidak akan bisa saya lupakan. Sampai paling minimal 10 tahun ke depan," IU menuturkan.

"Penampilan hari ini bener-bener gak bisa dilupakan," tegasnya sekali lagi.

4 dari 4 halaman

Sapa Penggemar dalam Bahasa Indonesia

Di sela-sela konsernya, IU dibuat heran dengan kekompakan sorakan fanchant dan nyanyian penggemarnya yang terus menggema sampai mengira ada pihak yang memaksa.

"Di sini apakah ada yang serem yang suruh kalian [nyanyi] gitu? Apakah ada yang bilang kalo kalian gak nyanyi dari awal bakalan marah gitu?" tanyanya sambil tertawa. Penonton langsung menampik pertanyaan yang dilemparkan IU.

"Jadi, ini memang atas kemauan kalian sendiri [buat nyanyi]?" tanya IU sekali lagi memastikan dari mana sumber keriuhan penggemarnya yang tak berhenti bernyanyi.

Hari Minggu, 28 April 2024, menjadi hari terakhir yang menutup konser IU bertajuk “2024 IU HEREH World Tour Concert” di Jakarta. Sang diva mengawali konsernya dengan melantunkan single “Holssi” disusul dengan “Jam Jam”.

Usai menyanyikan beberapa lagu tanpa jeda, IU langsung memperkenalkan dirinya dalam bahasa Indonesia yang disambut teriakan para penonton. "Halo aku IU. Keren sekali semuanya. Aku kangen banget sama kalian semua. Apa kabar?" ujar IU yang terdengar fasih berbicara dalam bahasa Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini