Sukses

Pasar Sandang Pangan Kolaborasi One Fine Sky dan BINhouse, Perayaan 7 Tahun Gerakan Wujudkan Mimpi Anak Indonesia

Pasar Sandang Pangan yang dilaksanakan di Savyavasa Experience Gallery pada Kamis, (2/5/2024) menghadirkan konsep pasar penuh warna yang dikurasi oleh One Fine Sky.

Liputan6.com, Jakarta - Fashion tak hanya tentang gaya, pun bisa menjadi sarana untuk berbagi aksi kepedulian kepada sesama. Seperti yang dilakukan oleh BINhouse yang berkolaborasi dengan One Fine Sky, label gerakan sosial yang konsisten berbagi kebaikan dan fokus dengan kampanye untuk merealisasikan mimpi anak-anak Indonesia menjadi kenyataan.

Merayakan ulang tahun ke-7, momen istimewa tersebut dirayakan dengan menghadirkan Pasar Sandang Pangan dan pelansiran koleksi kolaborasi terbaru dengan BINhouse. Pasar Sandang Pangan yang dilaksanakan di Savyavasa ExperienceGallery menghadirkan konsep pasar penuh warna yang dikurasi oleh One Fine Sky.

Ini merupakan sebuah ide dan komitmen untuk menjaga keberlanjutan, budaya, dan ekonomi para pengrajin lokal. Di bawah naungan Yayasan Angkasa Biru, One Fine Sky aktif dan konsisten menyediakan seragam sekolah gratis.

"Ini merupakan bagian dari misi untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak sehingga dapat membantu memperjuangkan pendidikan yang layak bagi anak-anak Indonesia, dalam melanjutkan mimpi baiknya," ungkap Founder One Fine Sky, Yanti Jie saat peluncuran kolaborasi di Savyavasa Experience Gallery Jakarta pada Kamis, (2/5/2024).

Ia mengatakan, satu buah koleksi One Fine Sky setara dengan satu set seragam lengkap yang dialokasikan untuk mendukung misi dan kegiatan tersebut. Hingga saat ini, melalui penjualan pakaian yang diproduksi oleh OneFine Sky bersama para dreamers atau kolaborator, telah berhasil mendonasikan seragam hingga mencapai 24.466 seragam. Bantuan ini telah tersebar lebih dari 36 lokasi di Indonesia, dari ujung Sumatera hingga Papua, dan akan terus bertambah.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal-usul Nama Koleksi

One Fine Sky selalu berkolaborasi dalam merilis koleksi komersial untuk gerakan sosial, selalu bermitra dengan para kolaborator. Kali ini, One Fine Sky bekerja sama dengan BIN House, dalam memadukan kekayaan tradisional Indonesia dengan estetika modern koleksi bertajuk "Sabda Alam", sebagai  penghargaan terhadap keindahan alam.

Dalam kolaborasi ini, dihadirkan kemeja putih, kebaya putih dankain batik ukel pakis dengan latar gradasi biru. Motif ukel pakis sendiri sudah menjadi identitas yang melekat dengan BINhouse. Tumbuhan pakis (fera) dapat hidup di mana saja, bahkan hingga di celah-celah gedung.

"Kenapa pakis? karena i love pakis," sebut Obin Komara, desainer dari BINhouse di kesempatan yang sama. 

Tema sabda alam ini sangat erat kaitannya dengan pakis yang merupakan simbol kehidupan. Tanaman pakis juga dapat dengan mudah tumbuh di mana-mana. 

Ia juga menambahkan, bahwa bahan yang dipakai dalam pembuatannya lebih ramah lingkungan, sehingga akan mudah terurai dan tidak mencemari lingkungan. "Ini sabda kita kepada alam," katanya singkat, terkait tema tersebut. 

3 dari 4 halaman

Gunakan Bahan Eco-Friendly

Selain itu ada pula kreasi brooch atau badge lambang awan OFS, yang diciptakan BIN house dengan awan berlatar kain yang "dikerutkan" dengan menggunakan jelujur yang ditarik dan kemudian dilepas jahitan. Setelah itu badge tersebut dibingkai dengan lingkaran border benang biru tua.

Sedangkan T-shirt OFS kreasinya terinspirasi dari cincin pertumbuhan yang biasa kita jumpai pada lingkaran pohon. Dan koleksi kolaborasi ini jugadilengkapi kebaya kutu baru yang menjadi signature creation BINhouse.

Lebih spesifik, bahan-bahan pada koleksi BINhouse dan OFS ini menggunakan Ecovero yang dikenal ramah lingkungan. Secara alami bahan akan terurai kembali ke lingkungan tanpa meninggalkan jejak yang merusak.

Rumah mode BINhouse yang digagas desainer tekstil Josephine Kumara menjadi garansi atas kualitas wastra Indonesia dan filosofi nilai yang terjaga didalamnya. Sebuah inisiasi kemitraan antara kedua belah pihakyang ingin menjaga nilai budaya tetap lestari, dengan pihak yangingin menjaga mimpi anak-anak Indonesia secerah langit biru. 

4 dari 4 halaman

Ajak Publik Berdonasi

Melalui kolaborasi ini, diharapkan partisipasi publik untuk berdonasi dan memberikan apresiasi terhadap kreasi Nusantara semakin tinggi dan juga memberikan dampak positif bagi anak-anak Indonesia. Alasannya, melalui partisipasi publik dengan membeli koleksi pakaian dari One Fine Sky dan para kolaboratornya, dapat mengantarkan One Fine Sky untuk menjalankan misi sosial dan mencapai tujuan positif dan bermanfaatnya.

Selain menghadirkan koleksi One Fine Sky dan BIN House, acara ini juga menampilkan pameran koleksi-koleksi instalasi dari para kolaborator One Fine Sky dari tahun ke tahun. Beberapa di antaranya adalah OFS x Didi Budiardjo, OFS x Adrian Gan, OFS x Auguste Soesastro, OFS x Reza Rahardian, OFS x IPMI, OFS x Aidan and Ice, OFS x Peggy Hartanto, OFS x Paws Companion. 

Selain dapat dibeli secara perdana pada Pasar Sandang Pangan, koleksi kolaborasi One Fine Sky x BIN Houseini dapat dibeli secara online melalui akun Instagram @onefinesky atau @BINHouse dan melalui platform onlinelainnya. Melalui gerakan "Let’s do good, look good", One Fine Sky juga menekankan pentingnya kebersamaan. Bahwa dari setiap pembelian koleksi One Fine Sky tidak hanya memberikan manfaat pada pembelinya, tetapi juga berkontribusi nyata untuk kegiatan sosial yang bermanfaat untuk anak-anak Indonesia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini