Sukses

7 Tips Mengatasi Mata Panda, Bikin Wajah Terlihat Cerah dan Segar

Mengatasi mata panda bisa menjadi tantangan para wanita maupun pria yang sering mengalami kurang tidur, stres, atau faktor genetik.

Liputan6.com, Jakarta Mengatasi mata panda bisa menjadi tantangan para wanita maupun pria yang sering mengalami kurang tidur, stres, atau faktor genetik. Masalah mata panda ditandai dengan munculnya lingkaran gelap di bawah mata, sehingga membuat penampilan seseorang terlihat lelah dan kurang segar, jadi kurang percaya diri.

Tenang dan jangan panik! Selama kamu melakukan perawatan yang tepat dan mengubah gaya hidup atau kebiasaan buruk maka dapat mengurangi atau bahkan mengatasi mata tanda. 

Simak 7 tips sederhana yang bisa kamu coba untuk mengatasi mata panda sehingga membuat wajah kamu kembali cerah dan segar, seperti dilansir dari Medical News Today berikut ini.

1. Tidur yang Cukup

Pastikan kamu tidur cukup setiap malam, karena kurang tidur bisa mengakibatkan lingkaran hitam di bawah mata muncul, jadi jangan diremehkan! Tidur yang cukup itu penting untuk mengatasi mata panda dan bisa membantu kurangi tampilan lingkaran hitam yang membuat kurang percaya diri.

Selain itu, tidur yang nyenyak juga membantu tubuhmu pulih dan kurangi tanda-tanda kelelahan, termasuk lingkaran hitam di sekitar mata. Jadi, jangan lupakan tidur yang cukup sebagai bagian penting dari rutinitas kesehatan harianmu ya!

2. Miringkan Kepala Saat Tidur

 

 

Kalau kamu sering bangun pagi dengan lingkaran hitam di bawah mata, bisa jadi itu karena pembuluh darah yang lebih banyak menggumpal. Tapi tenang saja, dengan memiringkan kepala saat tidur, sirkulasi darah akan lebih lancar menjauh dan nggak menggumpal di satu area. Akibatnya, bisa mengurangi pembengkakan dan warna gelap di bawah mata.

Jadi, coba untuk tidur dengan kepala sedikit miring, mungkin bisa membantu mengatasi masalah mata panda kamu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kompres dengan Air Dingin/Es Batu

 

Untuk mengatasi mata panda, kamu bisa mencoba menggunakan kompres dingin. Dinginnya kompres akan membantu menyempitkan pembuluh darah di sekitar mata, yang dapat mengurangi tampilan lingkaran hitam dan pembengkakan. Penggunaan kompres dingin secara teratur dapat menjadi salah satu cara alami dan efektif untuk merawat area di sekitar mata.

4. Kurangi Paparan Langsung dari Matahari

Agar mata panda kamu nggak semakin parah, pastikan kamu jaga kulitmu dari paparan sinar matahari langsung. Gampang kok, cukup pakai kacamata hitam, oleskan pelembap yang mengandung tabir surya atau sunscreen, dan bisa juga kenakan topi saat beraktivitas di bawah teriknya matahari. Langkah sederhana ini bisa membantu melindungi kulit dari sinar UV yang dapat memperburuk tampilan lingkaran hitam di sekitar mata.

3 dari 3 halaman

5. Irisan Timun dan Kantong Teh

 

Seringkali, orang suka menggunakan irisan timun atau kantong teh dingin untuk merawat kulit di sekitar mata yang mengalami lingkaran hitam. Kejernihan dari timun bisa membantu mengurangi pembengkakan akibat kurang tidur, eksim, atau alergi. Lalu untuk manfaat dari kantong teh dingin yaitu memberikan kesegaran pada kulit di sekitar mata.

Kamu juga bisa menggunakan kantong teh berkafein karena kafein dapat mengencangkan pembuluh darah dan mengurangi tampilan lingkaran hitam di kulit. 

6. Vitamin C

Untuk mengatasi mata panda Coba tambahkan vitamin C ke dalam rutinitas perawatan kulitmu! Vitamin ini ternyata bisa membuat kolagen di bawah mata meningkat, jadi bisa membantu mencerahkan warna gelap di sekitar mata. Nggak heran banyak produk kecantikan yang mengandung vitamin C tinggi, karena bisa membantu memperbaiki tampilan lingkaran hitam di bawah mata. 

7. Krim Retinoid

Krim retinoid, yang bisa kamu temukan di toko kecantikan tersebut juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki mata panda kamu. Selain itu, krim ini juga bisa mengurangi kadar melanin di kulit. Tapi, ingat ya, krim retinoid nggak cocok buat semua orang. Sebaiknya, konsultasikan dulu ke dokter sebelum memakai krim jenis ini.

Nah, sekarang kamu sudah tahu 7 tips mengatasi mata panda, sekarang saatnya untuk mulai menerapkannya dalam rutinitas harian.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini