Sukses

11 Penyebab Mata Panda Pada Wanita, Tanda Penuaan

Perhatikan penyebab mata panda pada wanita.

Liputan6.com, Jakarta Mata panda ditandai dengan adanya lingkaran hitam tepat di bawah mata. Kondisi lapisan tipis kulit bawah mata yang menunjukkan pembuluh darah lebih jelas. Mata panda kerap dijumpai pada wanita dan hal ini sangat berpengaruh pada penampilannya. Kenali penyebab mata panda pada wanita agar bisa mengatasinya.

Banyak orang beranggapan kurang tidur sebagai penyebab mata panda pada wanita. Kemudian terlalu lama menatap layar ponsel dan komputer. Anggapan-anggapan ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar.

Penyebab mata panda pada wanita ini tidak boleh disepelekan. Sebab, mata panda bisa menandakan adanya penyakit tertentu yang menyebabkannya. Seperti telah terjadi infeksi kulit, peradangan, hingga dehidrasi.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab mata panda pada wanita dari berbagai sumber, Sabtu (6/6/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Penuaan

Penuaan bisa menjadi penyebab mata panda pada wanita. Tidak melulu bagi yang sudah lanjut usia. Sebab, penuaan bisa terjadi pada wanita usia 20 tahun ke atas. Mata panda akibat penuaan akan memberi kesan penggelapan di bawah mata.

Mata panda akitab penuaan juga bisa terjadi akibat penipisan kulit bawah mata. Kondisi ini membuat pembuluh darah menjadi lebih jelas dan lebih gelap. Penggunaan concealer dapat menyamarkan mata panda. Namun, penggelapan hanya bisa diatasi dengan krim berkafein/niacinamide.

Alergi

Saat mengalami alergi, tubuh akan melepaskan histamin. Penyebab mata panda pada wanita ini akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah area mata. Kantung mata kehitaman yang disebabkan alergi disebut dengan Allergic Shiner. Alergi ini biasanya disebabkan kebiasaan menggosok mata dan adanya akumulasi cairan pada bawah mata.

 

 

3 dari 7 halaman

Selulitis Periorbital

Selilitis periorbital termasuk penyebab mata panda pada wanita. Mata panda ini disebabkan oleh infeksi kulit dan jaringan di sekitar mata. Meski infeksi bakteri ini lebih sering menyerang anak, tetapi wanita juga berpotensi mengalaminya. Kondisi ini disebabkan oleh trauma dan sinusitis. Bisa menyebabkan mata panda pada satu ataupun kedua mata.

Bahkan, tidak hanya mata panda tetapi bisa berpengaruh pada penglihatan mata. Jika gangguan sudah sampai pada penglihatan, antibiotik akan direkomendasikan untuk mengatasinya.

Dermatitis

Dermatitis atau eksim juga menjadi penyebab mata panda pada wanita. Kondisi ketika kulit mengalami peradangan kronis pada dermatitis. Peradangan menyebabkan hiperpigmentasi sehingga muncul lingkar hitam di sekitar mata. Kulit juga menjadi kering dan terkadang terasa gatal. Dermatitis ini bisa ditemukan pada kulit di bawah mata dan bagian lainnya.

4 dari 7 halaman

Dehidrasi

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, mata panda juga akan muncul dengan sendiri. Penyebab mata panda pada wanita ini akan membuat lingkaran hitam semakin jelas. Dehidrasi juga akan membuat kulit di sekitar mata tampak kering dan kasar.

Faktor Genetik

Penyebab mata panda pada wanita bisa karena faktor genetik. Kondisi mata panda seperti ini akan lebih sulit diatasi. Sebab, mata panda ini sudah muncul sejak kecil. Faktor genetik bisa berupa pigmentasi hingga bentuk tulang mata. Genetik ini juga akan membuat mata terlihat lebih gelap.

5 dari 7 halaman

Banyak Minum Kopi

Kebiasaan banyak minum kopi selain tidak baik untuk jantung, juga tidak baik untuk mata. Minum terlalu banyak kopi termasuk penyebab mata panda pada wanita yang harus lebih diperhatikan. Kebiasaan minum 4-5 cangkir kopi dalam sehari akan membuat tubuh dehidrasi, cepat lelah, dan memengaruhi kondisi mata. Begitu juga dengan minuman lain yang mengandung kafein, seperti teh.

Pigmentasi di Area Mata

Pigmen yang berlebih pada mata termasuk penyebab mata panda pada wanita. Kondisi seperti ini tidak menyebabkan masalah serius, tetapi sangat menganggu penampilanmu. Banyak pula yang tidak merasa nyaman dan sangat ingin untuk menghilangkannya. Lingkaran hitam karena pigmen bisa dikurangi dengan penggunaan krim retinol dan krim pemutih wajah. Serta penggunaan tabir surya.

6 dari 7 halaman

Pembengkakan di Bawah Mata

Pembengkakan di bawah mata termasuk penyebab mata panda pada wanita. Pembengkakan akan menyebabkan area mata terlihat gelap. Pada kasus ini, irisan mentimun yang dingin bisa membantu mengatasinya.

Cobalah meletakkan timun di atas mata selama 15 menit. Teh kantong bekas juga dapat digunakan, cukup ditempelkan selama 10 menit saja. Meski mata panda bisa diatasi dengan makeup, tetapi mengatasinya secara alami akan lebih baik lagi.

 

7 dari 7 halaman

Kebiasaan Merokok dan Minum Alkohol

Memiliki kebiasaan merokok dan minum alkohol tidak baik untuk kesehatan kulit. Kebiasaan ini termasuk penyebab mata panda pada wanita. Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol akan membuat cairan di dalam tubuh semakin menumpuk. Efek buruk jika terlalu lama mengonsumsinya, membuat aliran darah kulit wajah menjadi tidak lancar. Lingkar mata akan terlihat lebih gelap seperti mata panda.

Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Paparan sinar matahari dapat merangsang tubuh memproduksi melanin. Penyebab mata panda pada wanita ini membuat zat pewarna kulit tampak lebih gelap. Sinar matahari akan merangsang pemecahan kolagen. Pemecahan ini akan membuat kulit menjadi lebih tipis dan pembuluh darah lebih terlihat.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini