Sukses

Lizzo Nyatakan Mundur dari Dunia Hiburan, Simak Perjalanan Kariernya dari Menang Grammy sampai Tersandung Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Ungkapan ini dibagikan hampir dua bulan setelah upaya Lizzo membantah tuntutan pelecehan seksual yang diajukan tiga mantan penari latarnya ditolak pengadilan.

Liputan6.com, Jakarta - Lizzo berbagi pernyataan panjang di Instagramnya pada Jumat, 29 Maret 2024, menyatakan bahwa ia "mulai bosan diseret semua orang dalam hidup saya dan di internet." Ia juga dilaporkan menyebut "mundur" dari dunia hiburan, karena kondisi tersebut.

"Yang saya inginkan hanyalah memproduksi musik dan membuat orang bahagia, serta membantu dunia jadi sedikit lebih baik daripada saat saya menemukannya," kata pemenang Grammy itu, rangkum People, Senin (1/4/2024). "Tapi, saya mulai merasa seolah-olah dunia tidak menginginkan saya di dalamnya."

"Saya terus-menerus menghadapi kebohongan tentang diri saya demi pengaruh dan pandangan. (Saya) jadi sasaran lelucon setiap saat karena penampilan," ia menyambung. Lizzo menambahkan bahwa karakternya telah "dipilih orang-orang yang tidak mengenal saya dan tidak menghormati nama saya."

Ia mengakhiri pesannya dengan menulis, "Saya tidak mendaftar untuk hal ini — SAYA BERHENTI ✌🏾." Meski penyanyi tersebut tidak mengungkap apa yang memicu pernyataan tersebut, komentar unggahan dipenuhi pesan-pesan penyemangat dari rekan-rekannya.

Latto menulis, "Orang-orang membutuhkanmu Lizzo. Aku ingat kamu membuatku terus maju ketika aku ingin berhenti sebelumnya. Jiwamu SANGAT murni. Persetan orang-orang yang tidak mengenalmu! TIM LIZZO 4L." Loni Love berkomentar, "Girl, jangan biarkan mereka menang… jauhi internet.. peluklah kawan-kawanmu… teruslah bekerja."

Unggahan tersebut dibagikan hampir dua bulan setelah upaya penyanyi tersebut membantah tuntutan pelecehan seksual yang diajukan tiga mantan penari latarnya ditolak pengadilan. Pada November 2023, Lizzo berterus terang pada para penggemarnya, menjelaskan dalam sebuah unggahan Instagram bahwa ia meluangkan waktu untuk fokus pada dirinya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengaku Fokus pada Diri Sendiri

Lizzo menulis, "Hai. Saya sedang fokus pada musik, diri saya sendiri, hubungan dengan orang-orang dan makanan, kecemasan saya, tubuh saya, bisnis saya, serta masalah kepercayaan saya dengan dunia. Tapi, masalah-masalah itu sekarang sangat dalam, lebih dalam dari sebelumnya. Xoxo."

Di awal tahun baru, ia memperlihatkan tubuhnya yang lebih langsing dalam video Instagram saat ia jadi model legging dan bra olahraga merek Yitty. "Kita harus mengutamakan diri kita sendiri tahun ini. Kalian tidak perlu menunggu untuk merasa jadi versi terbaik diri kalian. Tahun baru, diri yang baru," ujar Lizzo dalam klip tersebut.

Pada Minggu, 24 Maret 2024, ia meminta para penggemarnya "memberi saya sedikit waktu lebih banyak" sebelum merilis musik baru. "Saya hampir siap jadi manusia normal lagi... berada di luar.. mencintai dan memercayai orang-orang.. mencoba dan mendapatkan teman baru... untuk melakukan pertunjukan langsung 👀... bernyanyi, dan berbicara tentang rasa sakit dan kegembiraan saya... berikan saya sedikit lagi waktu," tulis Lizzo di Instagram.

3 dari 4 halaman

Karya sampai Kontroversi

Selama meniti karier, Lizzo telah jadi berita utama selama bertahun-tahun, baik karena musiknya yang memberdayakan maupun momen kontroversialnya. Lima tahun sebelum rekor terobosannya Cuz I Love You, Lizzo merilis album debutnya, Lizzobangers, pada Mei 2014.

Pada 2017 dan 2019, penyanyi tersebut dituduh melakukan plagiarisme oleh penyanyi Inggris Mina Lioness dan produser Justin Raisen atas singelnya Truth Hurts, rangkum Us Weekly.

Drama ini merujuk pada salah satu baris pembuka lagu, "Aku baru saja melakukan tes DNA, ternyata aku 100 persen wanita jalang itu," yang masing-masing mengkreditkan Lioness dan Raisen sebagai penulisnya. Terlepas dari kontroversi itu, Lizzo membawa pulang tiga piala Grammy pertamanya untuk Penampilan Pop Solo Terbaik, Penampilan R&B Tradisional Terbaik, dan Album Kontemporer Urban Terbaik pada Januari 2020.

Ia membawa pulang tiga penghargaan dari delapan nominasi saat itu. Lizzo mendapati dirinya setengah jalan untuk jadi pemenang EGOT (Emmy, Grammy, Oscar, dan Tony) setelah serial kompetisi realitasnya Lizzo's Watch Out for the Big Grrrls memenangkan Program Kompetisi Terbaik di Emmy Awards 2022.

 

4 dari 4 halaman

Terima Penghargaan sampai Tersandung Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Pada Desember 2022, Lizzo mendapat kehormatan karena mendobrak hambatan dalam industri musik dengan People's Champion Award di People’s Choice Awards 2022. Saat menerima penghargaan tersebut, ia menggunakan waktunya untuk menyoroti beberapa aktivis inspiratif yang "pantas mendapat sorotan."

Hingga akhirnya tahun lalu, penyanyi bernama asli Melissa Jefferson ini juga mendapat kecaman pada Agustus 2023 setelah tiga mantan penari latarnya mengajukan gugatan terhadapnya. Menurut dokumen pengadilan yang diperoleh Us Weekly, mereka menggugat pemenang Grammy tersebut atas pelecehan seksual dan agama, diskriminasi disabilitas, menciptakan lingkungan kerja yang tidak bersahabat, serta banyak tuntutan lain.

Beberapa hari setelah gugatan diajukan, Lizzo membantah tuduhan tiga mantan penarinya latarnya. "Cerita sensasional ini datang dari mantan karyawan yang secara terbuka mengakui bahwa mereka diberi tahu bahwa perilaku mereka selama tur tidak pantas dan tidak profesional," katanya.

"Sebagai seorang seniman, saya selalu bersemangat dengan apa yang saya lakukan. Saya menganggap serius musik dan penampilan saya karena pada akhirnya, saya hanya ingin menampilkan karya seni terbaik yang mewakili saya dan penggemar saya," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini