Sukses

Kreasi Kopi Blewah ala Kopi Kenangan, Hanya Tersedia Sampai Lebaran

Seperti apa jadinya jika cita rasa kopi disatukan dengan blewah? Rasa unik yang belum pernah ada sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Kopi sudah menjadi minuman keseharian orang banyak. Ragamnya bermacam-macam, dengan inovasi yang terus berkembang, seperti kreasi Kopi Kenangan terbaru yang memanfaatkan blewah. Buah yang biasa muncul di bulan Ramadan bersama timun suri itu diracik menjadi kopi blewah.

Seperti apa rasanya kopi jika disatukan dengan buah blewah? Bila biasanya blewah jadi salah satu elemen es campur, Kopi Kenangan menghasilkan hal berbeda. Mereka menyiapkan tiga varian berbahan blewah, yakni Blewah Aerocano, Blewah Latte, dan Oatside Blewah Latte.

Untuk Blewah Aerocano, wujudnya mirip dengan americano karena base-nya memang itu. Namun, ada twist dengan penambahan aroma buah blewah yang menggunakan teknik tertentu sehingga menghasilkan layer foam pada permukaan atas.

Sedangkan untuk latte, minuman tersebut adalah latte yang ditambah dengan flavour buah blewah yang segar. Rasanya seperti kopi susu, namun ada paduan rasa buah blewah. Rasanya tidak terlalu manis sehingga tidak eneg.

Rasa buah blewahnya tidak langsung muncul ketika pertama kali menyeruputnya. Rasa pertama yang dirasakan adalah kopi susu, baru di ujung tenggorokan terasa buah blewahnya.

Group Brand Manager Kopi Kenangan Indonesia, Listiani Ramadhani, mengaku animo masyarakat dalam menyambut produk ini positif. Hal itu terlihat dari respons atau testimoni yang ditinggalkan konsumen.

"Paling challenging dalam memutuskan rasa apa yang mau di-develop karena di luar sana udah macem-macem banget, merek minuman udah banyak. Jadi salah satu tantangan utamanya gimana caranya bisa come up sama rasa tipe minuman yang harus beda dari yg lain dan bisa diterima masyarakat luas," jelas Listi ketika diwawancarai pada Selasa, 19 Maret 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin Memberikan Sesuatu yang Beda

Listi mengatakan bahwa proses R&D menu minuman baru itu membutuhkan waktu sekitar setahun. "Kalo bisa aku spill dikit sebenarnya untuk kita mempersiapkan produk apa aja dalam satu tahun itu udah dipersiapkan dari satu tahun sebelumnya. Jadi, proses research-nya itu udah dijalanin dari sekitar satu tahun sebelumnya," katanya.

Mereka juga sudah terbayang dan sudah merencanakan blewah ini akan diluncurkan pas Ramadan, karena bulan ini menjadi momentum yang pas untuk membicarakan blewah. Buah itu identik dengan bulan puasa. Selain bertepatan dengan Ramadan, varian blewah dihadirkannya, sambung Listi, karena ingin memberikan sesuatu yang beda, cocok dengan temanya dan segar untuk dinikmati. 

"Kita akhirnya milih blewah karena merasa itu lumayan beda dan belum ada yang ngelakuin. Karena lumayan banyak tuh bulan Ramadan ngeluarin rasa kurma, ngeluarin rasa kelapa, nata de coco, jadi salah satu alasannya karena kita ingin ngeluarin sesuatu yang beda," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Menjadi Pionir Minuman Rasa Blewah

Selain mengeluarkan produk berbahan dasar kopi, Kopi Kenangan juga mengeluarkan produk non-kopi bercita rasa blewah. Beberapa produk nonkopi tersebut antara lain Blewah Tea with Blewah Jelly dan Freezy Blewah Tea with Blewah Jelly.

Pada dasarnya, Blewah Tea with Blewah Jelly adalah teh rasa blewah. Rasanya tidak terlalu manis dan tidak terlalu hambar juga. Ketika diminum, akan ada potongan-potongan jelly yang terbuat dari ekstrak buah blewah.

Produk-produk yang diberi nama Blewah Mewah Series ini spesial hanya terbatas ada pada periode Ramadan hingga lebaran saja. Namun, Listi mengatakan jika animo masyarakat bagus, tidak menutup kemungkinan bahwa series blewah ini akan dijadikan menu tetap.

"Karena di Kopi Kenangan kalo ngeluarin produk yang limited time, kalo animo dari masyarakatnya baik, bisa kita jadikan permanen atau bahkan keluarin lagi di momen lain," tuturnya.

Listi optimistis dengan produk baru tersebut lantaran masih jarang brand dari kategori sejenis mengeluarkan minuman rasa blewah. Ia mengklaim pihaknya adalah salah satu pionir untuk mengeluarkan rasa baru ini. 

4 dari 4 halaman

Selain Manis dan Segar, Juga Kaya Akan Manfaat

Buah blewah (Cantalupensis) adalah anggota keluarga labu. Blewah juga masih berkerabat dekat dengan melon sehingga buah ini akrab disebut melon di wilayah Amerika Serikat. Selain rasanya yang manis dan segar, blewah juga ternyata punya banyak manfaat.

Mengutip Kanal Health Liputan6.com pada Kamis, 21 Maret 2024, disebutkan bahwa kandungan airnya yang tinggi, membuatnya blewah lebih menyegarkan dinikmati ketika cuaca panas. Selain itu, buah tersebut kaya akan antioksidan.

"Blewah kaya akan antioksidan, yang berkontribusi terhadap manfaat kesehatannya," ungkap ahli diet, Kristin Gillespie, MS, RD, LD, CNSC.

Blewah juga mengandung sedikit kalori per porsi, namun tetap mengandung sejumlah nutrisi penting. "Nutrisi terpenting dalam blewah termasuk vitamin A, C, potasium, dan folat," jelas dokter naturopati berlisensi, Bethany Tennant, ND. "Nutrisi ini membantu kulit, fungsi kekebalan, keseimbangan elektrolit, dan sel," lanjutnya dilansir dari Everyday Health.

Menurut National Institutes of Health, seperti produk berwarna oranye lainnya, blewah juga merupakan sumber karotenoid senyawa yang dikaitkan dengan kesehatan mata terkait usia. Berdasarkan United States Departement of Agriculture (USDA), satu porsi blewah (100 g) mengandung:

· Kalori 38 g

· Protein 0,82 g

· Lemak 0,18 g

· Karbohidrat 8,69 g

· Serat 0,8 g

· Gula 7,88 g

· Kalsium 9 mg

· Besi 0,38 mg

· Kalium 157 mg

· Natrium 30mg

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.