Sukses

Perpaduan Makanan Indonesia dan Timur Tengah Jadi Menu Buka Puasa Hotel Bintang 5 Jakarta

Di antaranya, gorengan tetap jadi salah satu menu buka puasa yang disajikan di Restoran Signature Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - "Tidak hanya soal makanan enak. Kami juga mau menyorotikebersamaan dan berbagi kebahagiaan," begitulah semangat Ramadan yang diboyong Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. Dalam refleksinya, mereka menghadirkan ragam persembahan spesial, termasuk melanjutkan tradisi menyiapkan menu buka puasa berkonsep khas.

Chef de Cuisine Signatures Restaurant, Widodo, mengatakan bahwa menu makanan buka puasa di Restoran Signature terdiri dari sajian yang tidak hanya istimewa, tapi dirindukan. Penyusunannya, ia bercerita saat ditemui di sela acara Ramadan Preview di hotel bilangan Jakarta Pusat itu, Rabu, 28 Februari 2024, dilakukan berdasarkan observasi bertahun-tahun.

"(Berkaca juga dari pengalaman) saya pernah kerja di Timur Tengah, Surabaya, dan Jakarta. Dari situ, (saya cari tahu), 'Oh orang sukanya apa,' dan itu bisa dimulai dari keluarga kita sendiri, mereka sukanya apa," tuturnya. "Kebetulan, keluarga saya suka (makan) gorengan (saat buka puasa), dan itu memang ada di mana-mana."

Melengkapi menu, chef Widodo juga menyiapkan ragam makanan yang merupakan perpaduan kuliner Indonesia dan Timur Tengah. "Ada gulai bebek kurma. Kami memang tetap pakai bumbu merah. (Olahan daging bebeknya) tidak amis, enak sekali," kata dia.

Ditambah sajian bernuansa Timur Tengah, yakni kambing gulung, yang menurut chef Widodo, sudah lekat dengan berbagai selebrasi di Indonesia. "Ini juga menyesuaikan nuansa restoran yang akan didekorasi ala Middle East selama Ramadan, jadi serasi," ucapnya.

Lalu, ada juga bebek sambal kencur, dan, yang jadi andalan baru: mustika rasa. Di pilihan ini, saya menyarankan untuk tidak melewatkan nasi pandan yang tidak hanya berpenampilan menarik, tapi juga menambah aroma menggugah selera saat disuap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menu Klasik yang Belum Pernah Tersaji

Chef Widodo berkata bahwa 50 persen sajian buka puasa di Ramadan tahun ini terbilang menu baru. "Kami tetap pilih menu klasik, tapi yang belum pernah disajikan," sebutnya.

Buka puasa di restoran berkonsep prasmanan seperti Signature, ia pun berbagi tips agar bisa menikmati banyak hidangan, tapi tidak terlalu kenyang. "Pertama, batalkan puasa dengan kurma dulu, lalu boleh gorengan sebagai makanan pembuka," ucapnya. "Disusul makanan berkuah, seperti bakso atau pilihan lain yang ada di noodle statuon kami."

Chef Widodo juga menyarankan untuk tidak langsung makan banyak karbohidrat. "Sayur jangan ketinggalan, baru nanti pelan-pelan pilih menu lain, sampai ditutup dessert," ujar dia. Pilihan makanan penutupnya tidak kalah beragam. "Ada es campur dan primadonanya french bakery," kata dia.

Menu buka puasa di Restoran Signature ini akan mulai disajikan pada 12 Maret hingga 9 April 2024. Harganya mulai dari Rp588 ribu ++ per orang untuk hari biasa dan Rp788 ribu ++ per orang untuk akhir pekan. Khusus untuk pemegang kartu kredit BCA, tamu dapat mendapat penawaran spesial kami dengan melakukan pemesanan minimal 20 orang.

Lalu, khusus untuk pemesanan rombongan, Ramadan Souq menerima penawaran menarik mulai dari 50 orang dengan lima tempat gratis tersedia, harga mulai dari Rp1,28 juta ++ per orang.

3 dari 4 halaman

Sajian Idul Fitri

Belanjut saat perayaan Idul Fitri nanti, mereka juga mempersiapkan hidangan prasmanan dengan ragam pilihan makanan, mulai dari opor ayam, rendang daging, ketupat, hinggaberbagai hidangan favorit lokal dan internasional. Menawarkan harga mulai dari Rp588 ribu ++ per orang, Prasmanan Idul Fitri di Restoran Signature akan tersedia pada 10 dan 11 April 2024 untuk makan siang dan makan malam.

Anak-anak berusia antara 6 dan 12 tahun akan mendapat penawaran spesial setengah harga. Sementara, para tamu juga dapat memanfaatkan diskon 30 persen untuk semua pembayaran. 

Melengkapi momen perayaan, pihaknya juga mempersembahkan kue yang dibuat khusus Kempi Deli. Pilihannya termasuk kue Mubarak dengan genoise, dan kue keju, serta kue Fitri dengan bitter chocolate sponge dan banana cremeux. Penganan ini dapat dibeli dengan harga Rp533,5 ribu ++.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta juga merilis paket hantaran Lebaran. Hamper ekslusif ini dirancang tim koki mereka dengan sentuhan warna hijau dan emas. Setiap kotak hamper berisi ragam camilan, seperti nastar, es pisang hijau, klepon, dan berbagai kue yang menarik.

4 dari 4 halaman

Hamper sampai Paket Menginap

Ada tiga pilihan hamper Lebaran dari Hotel Indonesia Kempinski Jakarta. Ketiganya, yakni Kareem yang terdiri dari empat kue; Shukran, menampilkan delapan suguhan meriah; dan Mubarak, dengan 12 pilihan kue. Paket hantaran ini dibanderol mulai dari Rp688 ribu.

Lebaran dan Hari Raya kian semarak, karena Hotel Indonesia Kempinski Jakarta mempersembahkan paket menginap. Menawarkan pemandangan paling ikonis seantero Jakarta, paket ini sudah termasuk sarapan pagi atau sahur untuk dua orang dewasa dan dua anak berusia di bawah enam tahun, dengan tarif mulai dari Rp2.724.792 ++ per malam.

"Paket menginap special ini dirancang khusus untuk mendekatkan keluarga dan orang-orang terkasih untuk menciptakan pengalaman menginap yang tidak terlupakan," kata mereka. Penawaran eksklusif ini berlaku mulai 10 Maret hingga 15 April 2024.

Hotel  ini memiliki 289 kamar dan suite, serta memiliki berbagai fasilitas. Terintegrasi dengan Grand Indonesia Shopping Town, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta juga menawarkan kenyamanan wisata belanja bagi para tamu. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini