Sukses

Sosok Sophie Kirana, Penerus Erina Gudono Wakili DI Yogyakarta di Final Pemilihan Puteri Indonesia 2024

Tanpa disangka, Sophie Kirana sempat bertemu Erina Gudono di satu kesempatan jelang Pemilihan Puteri Indonesia 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang final Pemilihan Puteri Indonesia 2024 akan segera digelar. Satu per satu finalis mewakili berbagai daerah terpilih, termasuk Sophie Kirana. Mantan finalis Abang dan None Buku DKI 2016 itu akan meneruskan jejak Erina Gudono mewakili DI Yogyakarta di final Pemilihan Puteri Indonesia 2024.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Tim Lifestyle Liputan6.com, Minggu, 4 Februari 2024, perempuan berusia 23 tahun itu memiliki rekam jejak pendidikan yang mentereng. Ia baru saja meraih gelar sarjana ekonomi dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan status cum laude. Ia juga diterima sebagai mahasiswa Australian National University di program Master of Marketing Management

Terpilihnya Sophie Kirana sebagai perwakilan DI Yogyakarta membuka jalannya untuk berkompetisi pada tingkat nasional di Jakarta pada Maret 2024. "Saya berharap dapat memberikan manfaat dan turut membantu program pemerintah sesuai kemampuan saya," ucap Sophie.

Sophie didukung oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, akademisi, komunitas budaya, perajin batik, produsen jamu, serta komunitas penggiat lingkungan. Saat berkunjung ke kantor Wali Kota DIY, Pj. Wali Kota DIY sekaligus Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo menyampaikan rasa bangga dan memberikan dukungan penuh untuk Sophie.

Ia berharap Sophie mempromosikan kekayaan budaya Jogja, dengan Sumbu Filosofi Yogyakarta yang telah diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, di ajang Puteri Indonesia 2024.

"Jogja bukan hanya kota pariwisata, tetapi juga kota budaya yang menawarkan rekreasi pariwisata. Kami berharap terpilihnya Sophie Kirana dapat lebih meningkatkan promosi pariwisata Yogyakarta, baik di tingkat nasional maupun internasional, terutama dengan fokus pada konsep sustainable tourism dan wisata kesehatan," ujar Raharjo di kantor Wali Kota Yogyakarta, Rabu, 31 Januari 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Takdir Bertemu Erina Gudono

Dukungan untuk Sophie juga datang dari Rektor UPN Yogyakarta, Mohamad Irhas Effendi. "Selamat dan sukses selalu untuk Sophie, semoga berhasil di ajang tingkat nasional nanti," ujar Mohamad Irhas.

Dukungan juga datang dari jajaran pengurus program studi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Gajah Mada yang turut bangga atas terpilihnya Sophie Kirana sebagai wakil dari Yogyakarta untuk berkompetisi di tingkat nasional. Sebelum tinggal di Yogya, Sophie menghabiskan masa kecil di Jakarta.

Hal itu diketahui lewat unggahannya di Instagram @sophiekirana, 7 Januari 2024. Dituliskan bahwa ia memiliki hobi menari, bahkan sampai meraih prestasi di sekolahnya, SMA Labschool Kebayoran Jakarta. Selain tari modern, ia juga menguasai tari saman.

Dalam perjalanan menuju final Pemilihan Puteri Indonesia, ia ternyata sempat bertemu dengan Erina Gudono secara kebetulan. "Sebuah definisi takdir yang sesungguhnya," ucapnya.

Sementara, pada Selasa, 16 Januari 2024 dilaksanakan audisi nasional hari ke-2 di Graha Mustika Ratu, Jakarta Selatan, yang merupakan rangkaian dari Pemilihan Puteri Indonesia 2024. Disebutkan bahwa panitia Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2024 menerima 100 peserta dari berbagai provinsi.

3 dari 4 halaman

Tema PPI 2024

Pada Selasa, peserta yang berhasil lolos seleksi tahap pertama kemudian mengikuti sesi penjurian yang melibatkan berbagai tes kemampuan, seperti tingkat kecerdasan, pengetahuan umum, wawasan, bahasa Inggris, serta unjuk talenta. Penentuan lolos seleksi akan diputuskan dewan juri yang terdiri dari Putri Kus Wisnu Wardani, Kusuma Dewi, Kusuma Ida Anjani, dan Mega Angkasa.

Saat ditemui sebelum sesi penjurian, Putri, Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia (YPI), menyebut bahwa tema PPI 2024, yakni "Mewujudkan Generasi Berkarakter Menuju Indonesia Maju Berkelanjutan." Ia berkata, "Pemilihan Puteri Indonesia 2024 akan mengangkat keunikan yang menggabungkan kekayaan budaya Nusantara dan visi pelestarian lingkungan guna mendukung pembangunan yang berkelanjutan."

"Acara ini tidak hanya menampilkan keindahan dan keunikan seni, budaya, serta pariwisata Indonesia, tapi juga menekankan pentingnya memandang pembangunan masa depan yang lebih baik. Dengan demikian, Pemilihan Puteri Indonesia tahun ini jadi perwakilan yang utuh dari keindahan dan tanggung jawab terhadap warisan budaya dan alam Indonesia."

4 dari 4 halaman

3 Kompetisi Internasional yang Diikuti

Putri juga menyebutkan bahwa ini saatnya anak muda tampil dan berani mewujudkan mimpi-mimpi mereka menuju Indonesia Emas. "Pembekalan-pembekalan yang kami berikan nantinya akan mendorong bagaimana Puteri sebagai wakil generasi muda bisa mewujudkan cita-cita mereka, karena Indonesia butuh aksi dari anak-anak mudanya," bebernya.

Seperti tahun lalu, PPI 2024 akan menampilan talenta 45 finalis dari 36 provinsi di Indonesia. Selain audisi nasional, Putri menyebut, pihaknya juga melakukan pemilihan langsung di daerah. Menjelang pertengahan dan akhir Januari 2024, peserta terpilih akan dikumpulkan untuk menjalani masa pra-karantina.

"Di sana, mereka akan mendapat arahan dan mengikuti kelas-kelas dasar sebelum karantina formal, hingga akhirnya sampai malam final pada 8 Maret 2024," sebutnya.

Karena YPI sudah putus kontrak dengan Organisasi Miss Universe, para pemenang nantinya akan dikirim mengikuti kompetisi Miss International, Miss Supranational, dan Miss Charm. Putri mengatakan bahwa setiap tahun, pihaknya mengevaluasi ajang kecantikan internasional yang akan diikuti para pemenang Puteri Indonesia.

"Kami tentunya memilih platform yang punya nilai-nilai yang sama dengan kami," katanya menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini