Sukses

Pesona Lee Young Ae Kembali Perankan Sosok Dae Jang Geum di Sekuel Drakor Jewel in The Palace

Serial drakor Jewel In The Palace yang dibintangi Lee Young Ae sebagai Dae Jang Geum pada 2003 menciptakan gelombang halyu ke seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar gembira bagi penggemar serial drama Korea (drakor) Jewel in The Palace. Perusahaan hiburan Fantagio mengumumkan akan membuat sekuelnya dengan Lee Young Ae kembali memerankan karakter Dae Jang Geum.

Menurut Yonhap pada Selasa, 30 Januari 2024, Fantagio juga mengumumkan telah menandatangani kontrak dengan penulis naskah. "Kami akan mulai syuting pada Oktober (2024) dan ditayangkan di awal tahun depan," ujar juru bicara, dikutip dari AsiaOne, Rabu (31/1/2024).

Drakor itu tayang perdana pada 2003 yang berpusat pada cerita kehidupan Dae Jang Geum. Ia yatim piatu sejak kecil, tapi berhasil jadi dokter kerajaan perempuan pertama sepanjang sejarah Korea. 

Sepanjang prosesnya, ia mengatasi diskriminasi sosial sebagai seseorang dari kalangan masyarakat bawah, kemudian muncul sebagai dokter kerajaan paling tepercaya di istana kerajaan yang didominasi laki-laki dan sangat hierarkis. Ketika ditayangkan di Korea Selatan antara 2003 dan 2004, drama tersebut meningkatkan popularitas Hallyu ke seluruh dunia.

Drakor itu disebut menciptakan gebrakan terhadap budaya Korea Selatan, termasuk masakan, fesyen, peralatan makan, dan pariwisata, dengan para penggemar mengunjungi lokasi syuting drama tersebut. Menurut laporan JoongAng Daily terbitan Korea Selatan pada 2014, drama ini ditayangkan di 91 negara di seluruh dunia.

Penyiar KBS World menulis bahwa drama tersebut disiarkan di Hungaria, Afrika, dan delapan negara Amerika Tengah dan Latin, termasuk Meksiko, Venezuela, Kosta Rika, dan El Salvador. 

Drama itu juga ditayangkan di Indonesia dengan Indosiar sebagai pemegang hak siar. Selain Lee Young Ae, Jewel in The Palace juga dibintangi Ji Jin Hee sebagai Mi Jeong Ho, pengawal kerajaan yang menikahi Dae Jang Geum. Tidak diketahui apakah Ji Jin Hee juga akan ikut membintangi sekuel serial saeguk tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bintangi Drama Maestro Musik

Selepas memerankan Dae Jang Geum, Lee Young Ae terlibat dalam berbagai proyek film dan drama lain. Yang baru saja tamat berjudul Maestra: String of The Truth.

Sama-sama memerankan karakter perempuan tangguh, sosok Young Ae terlihat jauh berbeda dari peran Jang Geum yang anggun dan tabah. Di drama yang ditayangkan tvN itu, Young Ae, yang memerankan Cha Se Eum, seorang konduktor orkestra yang pernah jadi pemain biola, memotong pendek rambutnya.

Ia sangat ambisius mengejar karier dan mimpinya. Namun, posisinya itu diincar mereka yang cemburu. Kisah pun dibumbui kasus misteri di dalam orkestranya. MyDramaList memberi rating 8,1 dari 10 untuk drama tersebut.

Meski begitu, popularitasnya kalah dibanding drama lain yang tayang di waktu hampir bersamaan, seperti Sweet Home 2, Welcome to Samdalri, maupun Death's Game.

Di luar kesibukannya sebagai aktris, Young Ae menyempatkan waktu menekuni hobi merangkai bunga. Ia beberapa kali mengunggah fotonya sedang merangkai bunga sendiri.

3 dari 4 halaman

Berikan Donasi bagi Warga Palestina

Lee Young Ae juga menarik perhatian setelah menyumbangkan 50 juta won atau setara dengan Rp601 juta untuk membantu anak-anak yang terdampak konflik di Gaza, Palestina.

Pada Selasa, 21 November 2023, Palang Merah Korea mengumumkan kontribusi bintang drakor Bring Me Home ini dalam upaya memberi bantuan darurat bagi anak-anak yang terdampak konflik bersenjata yang sedang berlangsung di Gaza. Dalam pesannya, aktris film Symphaty for Lady Vengeance itu mengungkap keprihatinan terhadap para korban, khususnya anak-anak yang seharusnya tak jadi sasaran serangan zionis.

Ia berharap donasinya dapat bermanfaat. "Berita-berita memilukan yang terus menerus membuat saya sedih. Saya berharap donasi ini dapat memberi sedikit bantuan pada anak-anak yang kehilangan anggota keluarga dan menanggung cobaan berat akibat perang," terangnya dikutip dari situs Allkpop, 22 November 2023.

Bekerja sama dengan Gerakan Palang Merah Internasional, bantuan dana dari Young Ae akan digunakan mendukung perawatan medis bagi anak-anak di zona konflik dan membantu distribusi pasokan penting.

4 dari 4 halaman

Profil Lee Young Ae

Sebelumnya, Lee Young Ae juga diketahui berdonasi untuk membantu korban kebakaran hutan Pulau Maui di Hawaii pada Agustus 2023. Upaya filantropisnya mencakup berbagai hal, termasuk dukungan untuk korban kebakaran Desa Guryong, bantuan banjir di Chungcheong, serta bantuan COVID-19.

Ia juga berdonasi untuk pengungsi Ukraina, dan memberi dukungan berkelanjutan untuk pasien kanker anak. Young Ae juga setiap tahun menyumbang dana pendidikan untuk anak-anak tentara yang meninggal dan veteran Perang Korea.

Dalam catatan profilnya, ia lahir di Oksu-dong, Seongbuk-gu, Seoul, Korea Selatan, pada 31 Januari 1971. Tepat pada hari ini, ia berulang tahun ke-53. Ia merupakan lulusan Universitas Hanyang dan Universitas Chung Ang. Kiprahnya di dunia akting diakui dengan meraih sederet penghargaan, termasuk Aktris Terbaik di Baeksang Award pada 2006 lewat perannya di drama Sympathy for Lady Vengeance.

Young Ae diketahui tinggal di sebuah rumah berhalaman luas di Yangpyeong di Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan, dalam program Master in The House. Yangpyeong terletak tepat di tengah Korea, dikelilingi beberapa gunung, salah satunya Gunung Youngmu. Kawasan tersebut juga dikelilingi sungai, di antaranya Sungai Namhan dan Sungai Bukhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.