Sukses

Wajah Baru KA Taksaka Tujuan Gambir - Yogyakarta PP, Lebih Nyaman dengan Kereta Makan yang Estetik

KA Taksaka mulai beroperasi, 18 Januari 2024 dengan menggunakan rangkaian baru eksekutif stainless steel New Generation.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI kini telag mengoperasikan KA Taksaka Gambir--Yogyakarta PP dengan kelas gerbong Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation 3 buatan INKA. Sebelumnya itu, KAI telah mengoperasikan terlebih dulu jenis Kereta Eksekutif dan Luxury New Generation pada KA Argo Dwipangga rute Gambil--Solo Stasiun Balapan (PP) pada 13 Desember 2023.

"Mulai 18 Januari 2024, KA Taksaka menggunakan rangkaian baru eksekutif stainless steel New Generation," keterangan akun resmi @kai 121_ di Instagram, diunggah pada Kamis, 19 Januari 2024. 

Sebagai salah satu jenis kereta favorit saat akan pergi ke Jogja, kereta api Taksaka akan terasa makin nyaman karena telah memiliki berbagai peningkatan layanan, mulai dari kabin kereta yang lebih senyap, digital PIDS. Kereta ini juga punya pintu otomatis, USB port type A dan C.

Tentunya yang akan membuat perjalanan makin menyenangkan adalah kursi kereta yang lebih ergonomis, hingga desain kereta makan yang estetik. Jika mengecek harga tiket KA Taksaka relasi Gambir--Yogyakarta dan arah sebaliknya, berikut harga yang tertera.

Untuk Luxury Sleeper: Rp1.375.000, sementara Eksekutif Rp535.000. Sebagai catatan, harga tiket KA Taksaka bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari PT Kereta Api Indonesia.

Dengan harga tersebut semua penumpang dari segala rute dapat menikmati fasilitas baru dari rangkaian baru KA Taksaka ini. "Ayo, cobain experience serunya sekarang! Tiket keretanya sudah bisa kalian pesan melalui aplikasi Access by KAI, website: kai.id, dan mitra penjualan resmi yang telah bekerjasama dengan KAI," tambah keterangan dari KAI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

KAI Modifikasi Kereta Ekonomi

Mengutip dari Tim Bisnis Liputan6.com, Jumat (19/1/2024), diketahui PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI merogoh keuangan internal untuk melakukan modifikasi pada kereta ekonomi. Targetnya akan ada 100 kereta ekonomi new generation hingga 2026.

Direktur Niaga PT KAI Hadis Surya Palapa menerangkan untuk mengejar modifikasi kereta itu, pihaknya menggunakan kas perusahaan. Meski begitu, Hadis enggan mengungkap berapa investasi yang dibutuhkan.

"Saya harus cek lagi nilai investasinya berapa. Namun ini betul-betul dari dana internal KAI dan ini terus bertahap. Jadi kalau dihitung per keretanya berapa kita belum bisa kasih tau," kata dia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa, 26 September 2023.

Informasi, beberapa hal yang dipugar adalah mengganti kursi dari yang duduk tegak menjadi lebih nyaman. Lalu, ada perbaikan fasilitas toilet di tiap kereta. 

Hadis menyebut, untuk melakukan pemugaran di tiap kereta akan bergantung pada kondisi masing-masing kereta. Ada yang tak butuh banyak renovasi, tapi juga ada beberapa yang membutuhkan renovasi dengan skala besar.

3 dari 4 halaman

100 Kereta pada 2026

"Tapi tergantung jenis keretanya masing-masing. Kan ada kereta yang masih bagus, ada yang perlu perbaikan secara struktur, dan ada yang interiornya," ia melanjutkan.

Lebih jauh, Hadis mengatakan tahun ini KAI merampungkan modifikasi di 12 kereta atau gerbong. Pada tahap awal, kereta ekonomi new generation ini akan ditempel di KA Jayabaya relasi Stasiun Pasar Senen-Malang pp.

"Sudah selesai 12 kereta dari sekian kereta yang kita rencanakan," kata dia.

Adapun hingga 2026 mendatang ditarget ada lebih dari 100 kereta yang akan dipugar. Dia pun belum mengungkap KA relasi mana lagi yang bakal ditempel kereta Ekonomi New Generation ini.

"Sampai tahun 2026 itu mungkin saya lupa pastinya tapi diatas 100 kereta," pungkasnya.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI meresmikan kereta baru untuk ekonomi. Tahap awal ini, kereta baru dengan kursi lebih nyaman ini ditempel di KA Jayabaya relasi Stasiun Pasar Senen - Malang. 

4 dari 4 halaman

Pengaruh dengan Harga Tiket

Ada beberapa sentuhan baru yang diberikan oleh KAI. Lantas, apakah berpengaruh pada harga jual tiket KA ekonomi?  Hadis mengatakan dengan pemugaran ini ada peningkatan harga tiket, tapi dia memastikan kenaikan harga tersebut tidak terlalu signifikan. 

"Kenaikan harga mungkin sekitar Rp 30 ribu dibandingkan (harga tiket) sebelum dimodifikasi untuk masing-masing subkelas," kata dia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Dia menyebut, kenaikan harga tiket sejalan dengan meningkatkan fasilitas yang didapatkan oleh penumpang. Sebut saja, formasi kursi 2-2 yang terlihat nampak lebih nyaman.

Lalu, ada perbaikan dari sisi fasilitas toilet dalam rangkaian. Dari sebelumnya menggunakan toilet jongkok, kini menggunakan toilet duduk. Tak cuma itu, ada pula fasilitas lainnya yang dipugar untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang.

Menurut pantauan Liputan6.com di aplikasi Access by KAI, kisaran harga untuk KA Jayabaya mulai dari Rp320.000 hingga Rp400.000 untuk kelas ekonomi. Perbedaan harga ini berlaku untuk tiap-tiap subkelas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini