Sukses

Tak Keberatan Jawab Pertanyaan Receh di Medsos, Mahfud Md Ungkap Lebih Suka Mi Instan Kuah atau Goreng

Mahfud Md bukan hanya menjawab pertanyaan seputar politik, tapi juga pertanyaan-pertanyaan nyeleneh dan terkesan receh dari warganet. Salah satunya menanyakan mana yang lebih ia suka, mi instan goreng atau kuah.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024 Mahfud Md belakangan ini suka berbincang-bincang dengan warganet di media sosial (medsos) melalui fitur Live TikTok. Mahfud Md mendapatkan beragam pertanyaan dari para warganet.

Dalam akun Instagramnya @mohmahfudmd, pria yang menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukan) itu jjuga sering membuat konten 'Tanya Prof Mahfud' yang diambil dari penggalan pertanyaan dalam live TikToknya. Mahfud bukan hanya menjawab pertanyaan seputar politik, tapi juga pertanyaan-pertanyaan nyeleneh dan terkesan receh (ringan).

Salah satunya pertanyaan receh datang dari warganet bernama Bella Indah Pertiwi. Ia menanyakan mana yang lebih ia suka, mi instan goreng atau kuah? Menanggapi pertanyaan tersebut, Mahfud sempat tersenyum dan kemudian menyatakan menyukai keduanya. Terkadang ia memilih mi instan kuah atau pun goreng berdasarkan kondisi cuaca.

"Bagi saya sama aja goreng apa kuah, tergantung situasinya. Mungkin kalo sedang agak hujan atau dingin gitu, pinginnya yang kuah panas,” jelas Mahfud dalam unggahannya pada 15 Januari 2024.

Ketika cuaca sedang panas dan terik, dirinya lebih memilih mi instan goreng dibandingkan yang kuah. Meski begitu, ayah tiga anak ini mengaku tidak ada obsesi berlebihan antara mi kuah ataupun goreng.

Namun dibandingkan mi instan, pria berusia 66 tahun ini mengaku lebih suka kuliner Mi Jawa yang terkenal asli Jogja. Mahfud mengaku sangat menyukai Mi Jawa baik itu dalam bentuk goreng maupun kuah.

"Saya sama aja, tapi ada Mi Jawa yang terkenal. Nah kalo di Mi Jawa itu tergantung sedang apa saya. Terkadang pesan yang goreng, kadang juga pesan yang kuah gitu,” terangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Soal Makanan dan Politik

Unggahan itu mendapat beragam komentar dari warganet. Banyak yang ikut berkomentar soal makanan favorit tapi tak sedikit juga yang mengkaitt-kaitkan soal makanan dengan politik.

"Aku tim indomie kuah all in pak mahfud cuyy,” komentar seorang warganet.

"Luar biasa prof mahfud ini selalu semangat jawab pertanyaan dari para gen z,” kata warganet yang lain.

"Main2 ke Tanjungpinang Kepri Pak Mahmud, disini ada mie miskin, mie tiaw dan mie lendir(rebus) khas Tanjungpinang," tulis warganet lainnya.

"Yang pasti gak instan layaknya keputusan MK ya pak 😁,” sindir warganet lainnya.

Beberapa hari lalu, akun Instagram Mahfud Md mengalami peretasan atau hack. Menurut Staf Khusus Menko Polhukam Rizal Mustary, akun tersebut diretas sejak Selasa, 16 Januari 2024 siang.

"Saat ini status akun Instagram pribadi Bapak Mahfud Md diretas oleh pihak lain di luar tim pengelola. Situasi ini terjadi sejak siang hari Selasa tgl 16 Januari 2024,” terang Stafsus Menko Polhukam Rizal Mustary dalam siaran pers tertulis, dilansir dari kanal News Liputan6.com.

Pihaknya juga mengimbau bahwa unggahan dan segala pesan dari akun tersebut sejak siang bukan dari Mahfud Md.  Akun Instagram Mahfud MD dengan alamat @mohmahfudmd sempat diretas oleh hacker tak bertanggung jawab. Hal ini terlihat dari unggahan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 itu yang mengunggah video diduga berisi tentara Israel.

3 dari 4 halaman

Akun Instagram Mahfud Dibajak

Terkait hal ini Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud memberikan penjelasan terkait kronologi peretasan akun Instagram Mahfud MD. "Akun Instagram Mahfud MD diretas sekitar pukul 16.00 hari ini," kata Wakil Direktur Eksekutif Konten dan Media Sosial TPN Ganjar-Mahfud, Eko Kuntadhi, melalui keterangannya, Selasa, 16 Januari 2024.

Ia menjelaskan, sejak Senin 15 Januari 2024 terdapat aktivitas janggal yang mengakibatkan unggahan Mahfud soal Ganjar Pranowo menolak timnas sepak bola Israel hilang dari akun Mahfud. "Saat ini kami masih berusaha mengambil alih akun Instagram Mahfud Md,” ucap Eko menambahkan.

Lebih lanjut, pihaknya berharap peretasan ini tidak ada hubungannya dengan pemilihan presiden. Meski demikian, ia bersama timnya tetap menelusuri segala kemungkinan penyebabnya. Menurut pemantauan TPN, sejak beberapa hari terakhir performa Mahfud Md di media sosial lebih unggul dibanding cawapres lainnya.

"Prof Mahfud sedang menjadi sorotan. Kami pantau dari media sosial, dukungan publik kepada beliau bertambah secara organik menjelang debat ke-4 hari Minggu ini,| Eko memaparkan. "Saya mengimbau pengikut akun Prof Mahfud Md agar mengabaikan jika ada pesan yang masuk mengatas namakan beliau,” pungkas Eko.

Peretasan ini terlihat dari unggahan Mahfud MD yang mengunggah video diduga berisi tentara Israel. Keterangan dalam unggahan tersebut berisi tulisan dengan bahasa Ibrani yang bermakna soal Tuhan. "Tuhan di atasku, siapa yang bisa mengendalikanku?," demikian keterangan dalam unggahan Mahfud MD yang diduga diretas, diterjemahkan Tekno Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Unggahan di Akun IG Mahfud

Video itu menampilkan sejumlah tentara Israel yang menggunakan seragam sedang menyundul bola. Mereka mengumpan bola satu sama lain dengan kepala dengan latar belakang pantai.Terkait hal ini banyak warganet yang menyadari kalau akun Instagram Mahfud MD telah kena retas.

Menurut Stafsus Menko Polhukam Mahfud Md, Rizal Mustary, aksi peretasan ke akun Instagram Mahfud MD ini sudah dilakukan sejak Selasa, 16 Januari 2024, siang.  Akibat aksi tersebut, Rizal menyatakan, semua unggahan maupun DM (Direct Message) yang berasal dari akun tersebut sejak pagi ini bukan berasal dari Mahfud MD.

Untuk diketahui, dari pantauan, unggahan terakhir Menko Polhukam memang berbeda dari kebanyakan unggahan lain. Unggahan itu menampilkan sekelompok orang berseragam yang diduga berasal dari Israel sedang memainkan bola.

Tidak diketahui sosok dalam video tersebut, tapi unggahan di Instagram Mahfud MD itu disertai caption dalam bahasa Ibrani.Apabila diterjemahkan ke bahasa Inggris memanfaatkan fitur yang tersedia di Instagram, kata-kata dalam unggahan tersebut berbunyi, "God is above me, who can control me?"  Namun sejak Rabu, 17 Januari 2024, akun IG Mahfud sudah normal kembali.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini