Sukses

6 Fakta Menarik Gunung Bunder yang Asyik Jadi Tempat Kemping di Bogor

Gunung Bunder adalah sebuah kawasan gunung berketinggian sekitar 750 sampai 1.050 mdpl yang berada di kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Sebagian besar wilayahnya merupakan hutan milik Perhutani yang ditanami dengan pohon pinus.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Bunder adalah sebuah kawasan gunung berketinggian sekitar 750 sampai 1.050 mdpl yang berada di kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Sebagian besar wilayahnya merupakan hutan milik Perhutani yang ditanami dengan pohon pinus. 

Mengutip dari laman Salsa Wisata, Jumat, 5 Januari 2024, objek wisata alam ini masih berada dalam satu kawasan dengan Gunung Salak. Nama gunung pun menjadi istilah untuk menyebut beberapa desa di wilayah sekitar gunung, misalnya terdapat Desa Gunung Bunder 1, Desa Gunung Bunder 2, dan Desa Gunung Picung.

Tak jauh beda dengan wisata gunung lainnya yang ada di Bogor, area ini juga menghadirkan suasana alam dengan aneka koleksi wisata alam lain. Sebut saja seperti curug-curug menawan, trekking yang menantang, hingga Gunung Bunder Camp yang legendaris.

Masih banyak hal mengenai Gunung Bunder selain lokasi dan ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Bunder yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Jumat, 5 Januari 2024.

1. Asyik Sebagai Tempat Kemping

Tempat wisata Bogor murah meriah dan bernuansa alam ini selalu menawarkan keindahan alam. Salah satu daya tarik yang sering jadi incaran para pejalan adalah camping ground.

Selain itu, masih ada lagi sederet daya tarik wisata tersembunyi lainnya di gunung ini. Informasi detailnya terkait daya tarik gunung ini dapat Anda simak berikut ini. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Perkemahan di Alun-Alun Kuta Genggelang

Hampir seluruh hamparan tanah yang berada di area gunung ini berpotensi jadi tempat mendirikan tenda. Anda tinggal memilih kawasan yang tepat untuk berkemah.

Namun, biasanya para pengunjung kemping di Jalan Gunung Bunder-GSE. Apalagi lokasi ini dekat dengan pintu gerbang masuk, sehingga Anda bisa dengan mudah menemukan camping ground begitu Anda memasuki area wisata ini. Kalau ingin berlama-lama menikmati wisata ini dengan nuansa yang berbeda, Anda bisa mendirikan perkemahan di D'bunder View atau Alun-Alun Kuta Genggelang.

3. Punya Banyak Air Terjun

Gunung Bunder juga menyimpan banyak curug cantik. Di sekitar area curug Gunung Bunder juga bisa jadi tujuan mendirikan tenda.

Lokasi tenda yang dekat dengan curug pastinya akan membuat suasana alaminya begitu terasa. Sepanjang hari yang terdengar adalah gemercik air dan juga suara-suara alam lainnya.

Curug Cihurang, Curug Goa Lumut, Curug Batu Ngampar, sampai Curug Ngumpet adalah beberapa yang bisa Anda kunjungi kalau ke Gunung Bunder. Air terjun yang dihadirkan seakan menambah suasana segar di tengah hutan liar yang rimbun. Kejernihan airnya yang membuatnya terlihat transparan hingga bebatuan yang ada di dasar sungai nampak jelas.

3 dari 4 halaman

4. Tersedia Vila untuk Keluarga

Jika Anda membawa keluarga dan anak-anak, terdapat Villa Pink Curug Seribu, sebuah villa di Gunung Bunder paling terkenal. Villa ini siap menjamu Anda dengan kamar yang menyatu dengan alam.

Di area penginapan Gunung Bunder ini, Anda bisa istirahat sambil menikmati alam dan danau cantik. Tentu dengan udara sejuk nan segar dan hawa yang dingin yang akan sempurnakan momen staycation Anda dan keluarga.

5. Saung di Atas Kolam

Menikmati alam yang asri dan teduh kurang sempurna tanpa teman bersantap. Kebetulan di objek wisata alam ini terdapat area wisata kuliner Bogor murah  dan enak yang berupa resto. Tempat favorit para wisatawan di sini adalah saung-saung yang terletak di atas kolam.

Pengunjung bisa memesan makanan dan menyantap hidangan di atas saung-saung yang berdiri di atas air. Pastinya Anda akan merasakan seolah sedang makan di atas perahu.

4 dari 4 halaman

6. Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Liburan semakin sempurna dengan adanya sejumlah fasilitas yang tersedia secara memadai. Mulai toilet bersih hingga ketersediaan fasilitas khusus seperti fasilitas kamar bilas.

Beberapa resto di dekat penginapan juga menyuguhkan aneka makanan dan minuman khas Bogor sebagai hidangan untuk para wisatawan. Musala juga tersedia di sekitar vila di mana pengunjung yang beragama Islam dapat menjalankan ibadah salat di sini.

Tak ketinggalan ada arena camping ground yang luas dan tersebar di banyak titik. Bahkan pihak pengelola juga siapkan pusat persewaan perlengkapan camping dan juga hiking.

Area parkir di kawasan wisata ini juga sangat luas mengingat mampu menampung motor, mobil, dan bus dalam kapasitas besar. Namun untuk pusat oleh-oleh belum ada di sekitar tempat ini, tapi Anda dapat berbelanja aneka oleh-oleh atau souvenir di tempat lain sesudah atau sebelum berangkat ke lokasi wisata ini. Pengunjung akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang, tiket belum termasuk biaya-biaya lainnya seperti sewa tenda, kemping, dan biaya menginap di villa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.