Sukses

Kondisi Taman Buah Mekarsari Saat Ini, Sepi Pengunjung Padahal Musim Liburan

Kondisi Taman Buah Mekarsari sudah jauh berbeda dan kurang terawat setelah sekian lama beroperasi, bahkan sepi saat musim liburan Natal dan Tahun Baru.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Buah Mekarsari pada era 1990-an merupakan tempat rekreasi agrowisata terkenal yang kerap dikunjungi bersama keluarga di Bogor. Keberadaaan Taman Wisata Mekarsari yang digagas oleh almarhum Tien Soeharto dibangun pada tahun 1990.

Mengutip dari laman resmi Kabupaten Bogor, Selasa (2/1/2024), pada saat diresmikan di tahun 1995 mulanya tempat ini bernama Taman Buah Mekarsari. Namun seiring bertambahnya varian tanaman yang dibudidayakan tidak hanya jenis buah-buahan saja, tapi juga jenis sayur-mayur serta tanaman hias.

Itu sebabnya pada 2004 Taman Wisata Buah Mekarsari berganti nama menjadi Taman Wisata Mekarsari. Selain itu, di area wisata dengan luas total 264 hektar ini, disediakan wahana permainan menarik untuk menambah kegembiraan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Sayangnya kini, kondisi taman tersebut sudah jauh berbeda dan kurang terawat setelah sekian lama beroperasi. Hal tersebut diketahui dari unggahan seorang pejalan di TikTok yang mengungkap sepinya pengunjung, bahkan di tengah musim liburan.

"Kondisi Taman Buah Mekarsari sekarang, padahal aku datang waktu liburan Nataru," katanya di awal video sambil menyematkan cuplikan gambar kawasan tersebut kosong, melalui akun @lelaccc pada Minggu 31 Desember 2023.

Meski begitu ia mengatakan tetap menyukai Taman Buah Mekarsari, karena menurutnya jadi tempat yang bagus untuk healing. Lalu di cuplikan video lain, ia menggambarkan fasilitasnya yang sudah usang dan terkesan tua.

"Buat keliling, kita pilih naik kereta (kereta wisata). Aku pilih paket Rp50 ribu per orang. Tapi sekarang ada opsi drive thru juga," jelasnya lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi Air Terjun Taman Buah Mekarsari

Saat naik kereta tersebut untuk menelusuri taman tersebut, ia juga memperlihatkan kondisi air terjun yang jadi ikon di Taman Buah Mekarsari. "Air terjun Mekarsari yang terkenal itu, udah ga sederas dulu," sambungnya.

Tapi ia juga menjelaskan bahwa tanaman yang ada terlihat tumbuh subur, sehingga membuat adem suasana. Ia pun berkesempatan untuk memetik buah belimbing.

"Beberapa orang mungkin melihat dengan kesan "horor", tapi ada juga yang ingin nostalgia wisata ke sini," tutupnya di akhir video. 

Video yabg disukai oleh lebih dari 4024 pengguna TikTok itu pun menuai beragam reaksi. Di antaranya menyarankan agar taman tersebut dirombak dan diperbaiki lagi.

"Masih bisa diselamatkan nggak sih? Dirombak lagi biar menarik. Dicat ulang biar fresh lagi, kebun buah dan ada peternakan kambing gitu?" Saran seorang warganet.

"Ya Allah padahal dulu rame banget, semoga bisa lebih diperhatikan lagi sama pemerintah setempat ya," harap warganet.

"Aku ke sini pas SD, dulu rame banget. Nostalgia banget ini taman buah pertama kalinya piknik," sambung warganet.

"Astaga tempat wisata masa kecilku jangan sampai rusak sebelum nostalgia ke sana," kata yang lain.

"Aaa tempat wisataku waktu dulu sama keluarga besar, kangennya," kata warganet.

"Kalo direvitalisasi lagi jadi bagus kali ya kayak TMII yang dulu kesannya tua dan jadul jadi glow up. Di Jabodetabek tuh butuh banget wisata kayak gini," seru yang lain. 

3 dari 4 halaman

Taman Buah Mekarsari Punya 1.470 Varietas Tanaman Buah

Diketahui Taman Wisata Mekarsari memiliki 1.470 varietas tanaman buah dan sekitar 100.000 pohon. Di tempat ini terdapat juga laboratorium untuk menyilangkan beberapa varietas tumbuhan yang menghasilkan Barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air cengkih, nenas arnis, jambu air toon klow.

Destinasi wisata ini juga terkenal telah membuat percobaan persilangan buah cempedak dan nangka yang dinamakan pedakka, cempeka, dan nangkadak. Selain itu, di Taman Wisata Mekarsari, Anda juga dapat menjumpai tanaman-tanaman langka seperti bunga bangkai, sawo kecik, kesemek, serta tanaman-tanaman tropis seperti salak, nangka, jeruk, rambutan, belimbing, melon, dan masih banyak lagi.

Mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, Selasa (2/1/2024), disebutkan bahwa tanah di wisata Taman Buah Mekarsari mengandung latosol sehingga cocok untuk lahan perkebunan. Taman rekreasi ini sebenarnya juga memiliki konsep sebagai tempat konservasi atau  pusat pelestarian keanekaragaman hayati tumbuhan, khususnya buah-buahan. Itu sebabnya tiap jenis tumbuhan yang dilestarikan di Mekarsari mempunyai keistimewaan masing-masing. 

4 dari 4 halaman

Fasilitas Unggulan Taman Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari ikut aktif pula dalam rangka penghijauan di daerah-daerah yang sudah mulai rusak. Bukan hanya itu, tempat ini juga sarana edukasi masyarakat untuk lebih mengenal tumbuh-tumbuhan dan mencintai alam sekitarnya.

Salah satu fasilitas terkenalnya adalah kereta wisata keliling merupakan wahana yang akan mengajak pengunjung untuk berkeliling menjelajahi kebun buah koleksi Taman Buah Mekarsari. Dengan ini pengunjung bisa mengeksplorasi keanekaragaman hayati tanaman buah dan menikmati panorama keindahan 264 hektare Taman Buah Mekarsari dan akan bermuara di area Danau Mekarsari.

Dengan menggunakan Paket Tiket Hemat Mekarsari, pengunjung yang berlibur sudah dapat mencoba wahana wisata kereta keliling dimana sudah termasuk juga dengan tiket masuk dan wahana pilihan wahana lainnya. Liburan seru dan menyenangkan dengan Tur Kebun Buah Mekarsari.

Di dalam Mekarsari, terdapat danau buatan yang menghadirkan berbagai wahana wisata air. Banyak fasilitas yang disediakan seperti berkeliling dengan Dragon Boat dan speed boat.

Untuk anak ada pula wahana Water Bike, Banana Boat, Giant Bubble. Terdapat pula fasilitas Fruity Bike yaitu sepeda Air Buah yang bisa digunakan berkeliling danau.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini