Sukses

Influencer Asal China Gambarkan Thailand Tak Aman Lewat Konten Media Sosial, Kini Didakwa karena Melanggar Visa

Polisi Thailand mengambil tindakan hukum terhadap influencer asal China karena diduga melanggar aturan visa, beberapa hari setelah dia dikecam karena video yang dia buat menggambarkan distrik kehidupan malam populer di Bangkok tidak aman bagi perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Polisi Thailand mengambil tindakan hukum terhadap influencer asal China karena diduga melanggar aturan visa, beberapa hari setelah dia dikecam karena video yang dia buat menggambarkan distrik kehidupan malam populer di Bangkok tidak aman bagi perempuan.

Mengutip laman CNN, Rabu, 13 Desember 2023, Mayor Jenderal Polisi Phanthana Nutchanart, wakil kepala Biro Imigrasi Thailand, mengatakan bahwa Ziyu Wang, seorang warga negara Tiongkok yang telah berkeliling Thailand, ditemukan menjual barang secara online saat berada di Thailand. Ia pun dituduh telah melanggar undang-undang visa.

Wang (28) tiba di Bangkok pada 2 November 2023 dengan visa turis, kata polisi Thailand kepada CNN. "Dia bekerja di sini tanpa izin kerja dan polisi sedang memprosesnya," kata Nutchanart.

"Kami telah memanggilnya dan memberi tahu dia tentang tuduhan pelanggaran visa," sambungnya.

Kasus ini terjadi pada saat yang sulit bagi Thailand ketika mereka mencoba menarik kembali wisatawan China setelah pandemi Covid-19. Hal ini juga menyoroti bagaimana influencer media sosial dapat menghadapi masalah hukum di luar negeri ketika konten yang mereka hasilkan menyebabkan reaksi publik.

Wang memiliki gabungan pengikut media sosial lebih dari 3 juta orang. Dia kebanyakan mengunggah di Douyin, TikTok versi Tiongkok, serta beberapa platform media sosial Barat yang tidak tersedia di Tiongkok.

Pada 5 Desember 2023, dia membagikan video tentang Douyin sambil berjalan-jalan di dekat Nana Plaza. Tempat itu merupakan sebuah area yang terkenal dengan bar-bar bertema dewasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Unggahan Konten Direspons Berlebihan

Dalam video tersebut, Wang menyatakan bahwa daerah tersebut tidak aman bagi perempuan saat dia merekam apa yang tampak seperti beberapa pria Barat sedang memandangnya. Klip tersebut menjadi viral dan dianggap oleh banyak orang di Thailand sebagai kritik terhadap citra negara dan membesar-besarkan bahayanya.

Dia dipanggil polisi beberapa hari kemudian dan mengaku membuat video tersebut. Dia kemudian mengeluarkan permintaan maaf publik dan menyangkal bahwa dia bermaksud merusak reputasi Thailand, kata para pejabat.

"Saya memahami bahwa kata-kata saya telah menyebabkan pelanggaran dan salah tafsir yang tidak disengaja dan saya sangat menyesalkan dampak negatif yang mungkin ditimbulkan terhadap Distrik Nana dan masyarakat Thailand," kata influencer berusia 28 tahun itu dalam sebuah video yang diunggah ke Facebook.

"Saya sangat menghormati warisan budaya yang kaya dan semangat Thailand yang dinamis. Saya selalu bermaksud untuk mempromosikan gambaran budaya Thailand yang positif dan akurat kepada khalayak yang lebih luas," tambahnya. 

Upaya Thailand untuk menarik kembali wisatawan asal Tiongkok yang menguntungkan telah diperumit oleh kekhawatiran akan keselamatan yang memenuhi media sosial Tiongkok tahun ini ketika mengunjungi Thailand. Sebagian dipicu oleh rumor dan ketakutan yang menyatakan bahwa wisatawan dapat diculik dan dikirim melintasi perbatasan untuk bekerja di pusat penipuan.

3 dari 4 halaman

Thailand Sedang Berusaha Memulihkan Pariwisata

Ketakutan tersebut semakin meningkat dengan dirilisnya dua film Tiongkok “No More Bets” dan “Lost in the Stars” pada tahun ini. Keduanya adalah film thriller populer yang berlatar di negara-negara fiksi Asia Tenggara di mana orang-orang dibujuk untuk bekerja di pabrik penipuan atau untuk kejahatan terorganisir.

Kemudian pada Oktober lalu terjadi penembakan di pusat perbelanjaan populer di Bangkok yang menewaskan seorang warga negara Tiongkok. Meski telah meluncurkan serangkaian insentif selama setahun terakhir – seperti perjalanan bebas visa bagi wisatawan Tiongkok – angka kedatangan wisatawan Tiongkok masih 'jauh sekali', kata Gary Bowerman, pakar perjalanan dan tren konsumen terkemuka di Asia, kepada CNN.

"Butuh waktu untuk membangun kembali kepercayaan wisatawan setelah tiga tahun pandemi dan film-film Tiongkok baru-baru ini jelas tidak membantu," katanya.​

Adapun video Wang menyebar juga di media sosial Tiongkok. Video Wang yang tidak ada lagi di akunnya telah diunggah ulang di tempat lain, dimulai dengan dia berjalan di jalanan Nana dan menampilkan beberapa kejadian saat dia ditatap atau didekati oleh pria asing dan pedagang kaki lima setempat.

Sepanjang video, dia berbicara di depan kamera dan berkomentar tentang apa yang dia rasakan sebagai kurangnya standar keselamatan di Bangkok. "Pria itu datang untuk menyapa dan bertanya kepada saya ‘apa kabarmu hari ini’. Jika dia menarik saya pergi, saya tidak akan bisa melarikan diri," prediksi Wang. "Makanya, saya merasa perempuan tidak boleh datang ke sini (ke Nana) sendirian," lanjutnya.

Ia berbicara di video tersebut bahwa, "Ini sangat berbahaya karena Anda tidak tahu orang seperti apa yang akan Anda temui… 99 persen orang yang ada di sekitar Anda bukanlah orang baik."

4 dari 4 halaman

Influencer Utang Ratusan Juta Demi Unggahan di Instagram

Video Wang muncul di tengah "kesadaran baru" tentang keamanan dan keselamatan pribadi di antara banyak wisatawan Tiongkok, menurut Bowerman. "Anda sedang melihat demografi muda yang lebih sadar – kelompok perjalanan yang lebih sedikit – yang tertarik pada rencana perjalanan yang dipersonalisasi yang memungkinkan mereka memilih apa yang ingin mereka lakukan," kata Bowerman.

Influencer perjalanan Tiongkok, tambahnya, sangat berpengaruh karena cara sektor teknologi Tiongkok beroperasi. "Aplikasi (perintah) influencer Tiongkok dan platform media sosial yang tidak digunakan oleh seluruh dunia dan mereka mendatangkan khalayak yang sangat, sangat besar yang telah diisolasi di negara ini selama tiga tahun… yang memberi mereka kekuatan untuk mempengaruhi persepsi publik tentang tujuan – baik dan buruk," tambah Bowerman.

Di pihak Thailand, mereka memanfaatkan influencer Tiongkok untuk membantu mempromosikan negara tersebut kepada wisatawan. Pada bulan November, dewan pariwisata Thailand menandatangani perjanjian dengan perusahaan teknologi Tiongkok untuk meluncurkan kampanye dan promosi perjalanan.

Thailand memiliki undang-undang pidana pencemaran nama baik yang paling ketat di dunia dan para wisatawan sebelumnya pernah mengalami masalah karena mengunggah pandangan yang tidak ternoda secara online. Pada tahun 2020, seorang pria Amerika sempat ditangkap dan ditahan selama dua hari setelah sebuah hotel mengeluhkan ulasan negatif yang dia tulis di situs perjalanan dalam sebuah kasus yang mendapat liputan media secara luas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini